Upaya DPRD Konkep Tingkatkan SDM Masyarakat

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 25 Februari 2022
0 dilihat
Upaya DPRD Konkep Tingkatkan SDM Masyarakat
Suasana saat anggota DPRD Konkep, lakukan kunjungan kerja ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari. Foto: Ist

" Anggota DPRD Konkep, lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Upayakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat Konawe Kepulauan (Konkep), sembilan anggota DPRD Konkep, lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari.

Wakil Ketua DPRD Konkep, Irwan mengatakan, Kunker di BPVP Kendari merupakan hal yang tepat, karena tempat itu merupakan lokasi tepat untuk menciptakan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing tinggi.

"Kenapa saya tahu, karena saya sendiri merupakan alumni yang namanya masih BLK Kendari waktu itu. Saya angkatan pelatihan pada tahun 1999 hingga 2000," ujarnya.

Ia menyampaikan, pihaknya melakukan konsultasi sekaligus meminta bantuan BPVP Kendari agar bisa melaksanakan proses pelatihan di Konkep dengan kejuruan otomotif dan bangunan.

Dua kejuruan itu menurut dia, merupakan kejuruan yang paling diinginkan masyarakat, karena sesuai dengan potensi daerah dan memiliki peluang usaha yang sangat baik. Apalagi, saat ini Kabupaten Konkep merupakan daerah yang masih akan tumbuh berkembang.

"Insya Allah, sesuai hasil konsultasi kami dengan Pak Kepala BPVP Kendari tadi, kemungkinan akan ada dua paket pelatihan bisa dibuka di Konkep dan harapan kami pelatihan itu adalah kejuruan bangunan dan otomotif," sebutnya.  

Tempat sama, Ketua Komisi I DPRD Konkep Muhamad Faird mengatakan, dirinya sebagai alumni pemagangan tenaga kerja di Jepang tahun 1997 hingga tahun 2000, ia tahu betul bagaimana peranan BLK dalam meningkatkan kualitas kompetensi SDM.

Baca Juga: Samakan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, Muballigh Sultra: Itu Penistaan Agama

"Saya mendaftar di Kendari untuk mengikuti program pemagangan tenaga kerja di Jepang, selanjutnya saya dilatih dan dari Kendari saya dikirim di BLK Lembang dan BLK Cevest Bekasi untuk ikut kursus bahasa dan budaya Jepang dan akhirnya saya dikirim ke Jepang, magang bekerja di sana selama 3 tahun," jelasnya.

Pengalaman di BLK dan magang ke Jepang itulah yang kata dia menjadi sebab dirinya bisa sampai pada perjalanan saat ini, termasuk menjadi wakil rakyat di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan, kepercayaan anggota legislatif DPRD Konkep, merupakan spirit baginya untuk terus berbuat yang terbaik dalam meningkatkan kompetensi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) pada umumnya.

Baca Juga: Bersiap, 33.480 Liter Minyak Goreng Bakal Masuk ke Kota Kendari

Terkait Kunker itu sendiri, pihaknya akan mengupayakan pelaksanaan dua paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU) di Konkep, guna menunjang peningkatan SDM, sekaligus menyiapkan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing.

"Kami sangat berharap dengan pelatihan yang nantinya kita laksanakan di sana, bisa menjadikan masyarakat Konkep lebih kreatif serta inovatif, dan kelak akan menjadi orang-orang hebat, sehingga menjadikan Konkep dan Sultra semakin berkembang dan maju," tutupnya. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga