Upaya Menuju Desa Mandiri di Kabupaten Buton Selatan

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Kamis, 13 Juli 2023
0 dilihat
Upaya Menuju Desa Mandiri di Kabupaten Buton Selatan
Sebanyak 120 Perangkat Desa se-Kabupaten Buton Selatan mengikuti sosialisasi dan pembinaan Peningkatan kapasitas menuji desa mandiri. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Sebanyak 120 perangkat desa dari seluruh wilayah Kabupaten Buton Selatan, mengikuti pembinaan dan pelatihan untuk mendorong peningkatan kapasitas perangkat desa dalam rangka mencapai status desa mandiri "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Sebanyak 120 perangkat desa dari seluruh wilayah Kabupaten Buton Selatan, mengikuti pembinaan dan pelatihan untuk mendorong peningkatan kapasitas perangkat desa dalam rangka mencapai status desa mandiri.

Dalam upaya menuju desa mandiri, Pemda Buton Selatan mengakui pentingnya peran dan kompetensi perangkat desa dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Olehnya, program sosialisasi pembinaan itu dirancang untuk meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam bidang pemerintahan, pengelolaan keuangan desa, pembangunan infrastruktur, serta pelayanan publik.

Baca Juga: Pucu, Kuliner Khas Buton yang Masih Diminati Masyarakat

Penjabat (Pj) Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman, menyatakan harapannya terkait adanya sosialisasi pembinaan ini, ke depannya, perangkat desa diharap mampu memberikan pelayanan lebih baik pada masyarakat dan meningkatkan efektivas dan efisiensi pengelolaan sumber daya desa.

"Aparatur desa yang berkualitas dan mampu menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik, tentu menjadi aset berharga dalam mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera. Semua desa di Buton Selatan ini luar biasa, kita apresiasi karena desa memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan usaha masyarakat,” beber La Ode Budiman.

Selama proses sosialisasi dan pembinaan berlangsung, peserta akan mendapatkan materi dari para narasumber yang ahli di bidangnya. Pelatihan diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi individu, tetapi juga membangun jaringan kolaborasi antar aparatur desa.

“Kita harap para kepala desa dapat saling menyinkronkan program, karena sekarang ini kami sedang dalam tahapan proses perencanaan pembangunan tingkat desa untuk tahun 2024,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, La Amiruddin, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Marak Dicari, Pasar Wameo Baubau Tawarkan Ragam Pakaian Thrift untuk Semua Kalangan

Selain bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para perangkat desa tentang tupoksinya, program sosialisasi pembinaan ini bertujuan untuk lebih mendorong pemerintah desa untuk memperkuat mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu memotivasi pemerintah desa terkait pembentukan tata kelola pemerintahan desa yang baik, adil, makmur dan sejahtera menuju status desa mandiri,” ungkap Penggerak Swadaya Ahli Muda Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Budi Setiawan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bertempat di aula Kantor Desa Lawela Kecamatan Batauga yang diikuti oleh 60 kepala desa dan 60 bendahara desa se-Buton Selatan. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga