UPTD Pelabuhan Kendari-Wawonii Prediksi Puncak Arus Mudik H-3 Lebaran

Riksan Jaya, telisik indonesia
Jumat, 05 April 2024
0 dilihat
UPTD Pelabuhan Kendari-Wawonii Prediksi Puncak Arus Mudik H-3 Lebaran
Kepala UPTD plabuhan Kendari-wawonii, Rudi Lenohingide (kiri) dan suasana pelabuhan Wawonii-Kendari (kanan). Riksan Jaya/Telisik

" Puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau tiga hari ketiga sebelum lebaran, menjadi fokus perhatian dari pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Fery Kendari-Wawonii "

KENDARI, TELISIK.ID - Puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi pada H-3 atau tiga hari ketiga sebelum lebaran, menjadi fokus perhatian dari pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Fery Kendari-Wawonii.

Prediksi tersebut ditetapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sebelum Hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024 Masehi.

Kepala UPTD plabuhan Kendari-wawonii, Rudi Lenohingide mengaku pihaknya telah bekerja sama dengan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan UPTD Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dalam rangka menyelanggarakn posko terpadu saat puncak mudik Lebaran.

“Persiapan yang akan kami lakukan dalam hadapi untuk arus mudik pertama yaitu kami sudah bekerja sama dengan ASDP, UPTD KSDP Kelas II Kendari yakni membuat suatu posko terpadu, katanya, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Polres Buton Pantau Kecurangan BBM Jelang Mudik Lebaran

"Untuk pelabuhan Kendari personel perhubungan berjumlah 12 orang, terus di Pelabuhan Wawonii itu tujuh untuk mengahadapi arus mudik,” tambahnya.

Lebih lanjut, Rudi menuturkan, pihaknya akan terus bersiaga dalam mengantisipasi arus balik pasca hari raya.

Dimana pihaknya juga akan mengirimkan tiga personel tambahan ke Pelabuhan Wawonii dalam rangka membantu Kepala Seksi (Kasi) Operasional saat pemuatan penumpang yang diperkirakan akan membeludak pasca hari raya.

“InsyaAllah lebaran ketiga saya akan mengirim tiga personel untuk menambah personel yang ada di pelabuhan Wawonii untuk menhadapi arus balik. Tiga orang tersebut akan turun membantu kasi operasional,” tuturnya.

Rudi juga menambahkan, pengaturan pelabuhan menjadi kunci lancarnya proses mudik para penumpang, sehingga ia terus mengsiagakan personel yang akan menjaga di tiap-tiap pos pelayanan.

“Langkah-langkah yang akan kami lakukan di pelabuhan Kendari baik dari segi pintu masuk, parkiran dan palang dua, itu 12 personel kami sudah membagi masing-masing tempat. Begitupun juga dari ASDP, UPTD KSOP kelas dua Kendari,” tambahnya.

Kasi Operasional UPTD Pelabuhan Fery Kendari-Wawonii, Jalil menuturkan, saat ini sudah mulai terasa peningkatan penumpang, dan diperkirakan akan mencapai puncak pada tiga hari sebelum hari raya.

“Arus mudik mulai ada peningkatan jumlah penumpang pada tanggal 4 April 2024 dan di perkirakan puncaknya pada H-3 dan H-2,” katanya melalui pesan WhatsApp, Jumat (5/4/2024).

Jalil menyampaikan, sampai saat ini persiapan di UPTD Pelabuhan Fery Kendari-Wawonii dalam menghadapi lonjakan penumpang belum ada kendala sama sekali, namun yang dikhawatirkannya adalah kemacatan yang mungkin akan terjadi akibat penjemput kapal yang menggunakan kendaraan roda empat.

Baca Juga: Randis ASN di Kolaka Utara Bakal Disita Jika Digunakan Mudik Lebaran

“Alhamdulillah belum ada kendala dan mudah mudahan jangan ada. Adapun kendala yang ada adalah pintu masuk rangkap pintu keluar. Jadi waktu penumpang, pengantar, penjemput kapal ferry terutama yang memakai kendaraan roda empat waktu keluar dan masuknya agak macet tapi itu tidak berlaku lama,” pungkasnya.

Ferawati (24), penumpang yang saat itu akan melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Wawonii, menyampaikan kesyukuran bahwa sudah ada langka antisipatif yang dilakukan pihak pelabuhan.

Ia berharap semoga rencana tersebut dapat terlaksan baik, sehingga arus mudik dan balik bisa berjalan dengan lancar.

"Iya, yang penting lancar saat kita pulang dan perginya nanti, karena kemungkinan pasti akan ramai sekali setelah lebaran. Jadi ini saja saya berangkat memang untuk hindari ramai sebelum lebaran. Tapi ternyata sudah ada langkah yang dipersiapkan dari pihak pelabuhan untuk antisipasi, ya saya sangat bersyukur, semoga mudik dan pulang kembali ke Kendari nanti bisa tetap lancar,” ujarnya, Jumat (5/4/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga