Urai Antrean Kendaraan di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara KMP New Rose Berlakukan Ekstra Trip

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Urai Antrean Kendaraan di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara KMP New Rose Berlakukan Ekstra Trip
Antrean kendaraan roda empat di pelabuhan Tobaku yang tidak terangkut KMP Camelia atau kapal kedua. Foto: Muh Risal H/Telisik

" H-3 Idul Fitri puluhan kendaraan keluarga (KK) yang hendak menuju Pelabuhan Bansalae Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan masih tertahan di Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara hingga jadwal pemberangkatan kapal kedua berakhir "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - H-3 Idul Fitri puluhan kendaraan keluarga (KK) yang hendak menuju Pelabuhan Bansalae Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan masih tertahan di Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara hingga jadwal pemberangkatan kapal kedua berakhir. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah.

Untuk mengurangi antrean kendaraan tersebut, pihak perusahaan PT Afta Trans Mandiri memberlakukan ekstra trip atau tambahan pemberangkatan untuk KMP New Rose rute pelabuhan Tobaku-Siwa pulang pergi.

Kepala Cabang PT Afta Trans Mandiri, Syamsul Bahri menuturkan, pemberlakuan ekstra trip dilakukan setelah pihaknya bermohon ke UPTD setempat terkait kondisi lonjakan pemudik menggunakan kendaraan keluarga.

Baca Juga: Diduga Banyak Calo di Pelabuhan Amolengo-Labuan, Pemudik Resah

"Informasi izin ekstra trip ini kami terima sekitar pukul 15.00 Wita dari pihak berwenang," terangnya, Rabu (19/4/2023).

Dengan begitu lanjutnya, KMP New Rose yang selama ini hanya satu kali berlayar rute Tobaku-Siwa pulang pergi terpaksa memberlakukan dua trip (ekstra trip) dengan rute yang sama.

"Hanya dengan cara begini antrean kendaraan yang masih menumpuk di Pelabuhan Tobaku bisa terurai dan kami yakin pemberangkatan ketiga ini semua kendaraan keluarga akan terangkut," jelasnya.

Kata dia, saat ini ada sekitar 30 KK yang masih menunggu antrean di Pelabuhan Tobaku dan jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah hingga esok hari.

"Kalau puluhan kendaraan ini terangkut sebentar, maka besok kemungkinan kendaraan tidak padat lagi," urainya.

Baca Juga: 90 Bus Gratis Bagi Pemudik Gratis di Jawa Timur, Berikut Rutenya

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kolaka Utara, Nurdin Aras menyampaikan, jadwal pemberangkatan trip kedua KMP New Rose dari pelabuhan Tobaku menuju Siwa sekitar pukul 18.00 Wita.

"Betul sebentar ada ekstra trip untuk mengurangi tumpukan kendaraan di Pelabuhan Tobaku. Berangkatnya sekitar pukul 18.00 Wita atau jam 6 sore," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga