Viral: Mahasiswa Unhas Diusir Dosen Usai Ngaku Gender Netral, Orang Tua Disurati

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 22 Agustus 2022
0 dilihat
Viral: Mahasiswa Unhas Diusir Dosen Usai Ngaku Gender Netral, Orang Tua Disurati
Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang mahasiswa baru Universitas Hasanuddin mengaku memiliki jenis kelamin netral, bukan perempuan dan bukan pula perempuan. Foto: Repro Okezone

" Mahasiswa itu mengaku memiliki jenis kelamin non biner atau netral saat mengikuti pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Fakultas Hukum Unhas "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang mahasiswa baru diusir oleh seorang dosen Universitas Hasanuddin (Unhas).

Diketahui, mahasiswa tersebut bernama Muhammad Nabil Arif Adhitya. Alasan mahasiswa itu diusir karena mengaku memiliki jenis kelamin non biner atau netral saat mengikuti pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Fakultas Hukum Unhas.

Lewat video yang dikutip dari @roaring_rora, diketahui kejadian bermula dari seorang mahasiswa menggunakan kipas tangan di ruang kelas. Kemudian ia dipanggil dosen ke depan untuk bertanya alasan ia menggunakan kipas. Saat ditanya apa jenis kelaminnya, mahasiswa itu menjawab "netral," atau “non-biner.”

"Kamu mau sekali jadi perempuan atau laki-laki?" tanya Wakil Dekan III Fakultas Hukum Unhas dikutip Senin (22/8/2022).

"Tidak keduanya, di tengah-tengah. Makanya netral pak," jawab mahasiswa tersebut.

Baca Juga: LBH Kritisi Kapolda Sumatera Utara Gerebek Lokasi Judi Online Tak Temukan Bandarnya

Hingga hari ini, video tersebut telah ditonton 3,3 juta kali. 4,947 retweets, 9,928 quote tweets, 27.2K likes, 2,862 comments.

Netizen pun mengomentari video viral tersebut.

“Kalo pun dia di tolak ga ke gitu caranya, bukan krn dia berbeda lantaran jd bahaya di lingkungan,seolah mnentang perbedaan. Si bapak itu kerja di lingkup berpendidikan tp dirinya kayak ga berpendidikan," ujar Netizen dilansir Okezone.com.

Setelah ramainya kasus tersebut, orang tua dari mahasiswa tersebut diduga mendapatkan surat panggilan dari kampus.

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, hal tersebut diketahui melalui unggahan akun Twitter @kegblgnunfaedh pada Minggu (21/8/2022).

Dalam unggahannya, akun Twitter ini mengunggah foto tangkap layar berisi status WhatsApp diduga milik mahasiswa yang bersangkutan.

Mahasiswa tersebut mengunggah foto surat dari kampus yang tertuju untuk orang tuanya.

Baca Juga: Kapal Tongkang Nyasar Rusak Destinasi Wisata Pasir Putih Pantai Berova

"Cie dapat surat cinta dari Wakil Dekan 3. Makasih sayang, sudah cepu," keterangan dalam foto.

Bukan hanya mengunggah foto tangkap layar berisi surat dari kampus, akun Twitter ini juga mengunggah foto tangkap layar yang diduga berisi unggahan lawas milik mahasiswa Fakultas Hukum tersebut.

Dalam foto ini, terdapat pengakuan seseorang yang telah menjadi penyuka sejenis semenjak usia 15 tahun. Pada foto ini juga terlihat foto mesra diduga dirinya bersama seorang pria. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga