Wakil Bupati Butur Tekankan Anggaran yang Masuk di Desa Dikelola dengan Baik

Aris, telisik indonesia
Senin, 18 Oktober 2021
0 dilihat
Wakil Bupati Butur Tekankan Anggaran yang Masuk di Desa Dikelola dengan Baik
Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, S.H, M.H saat membuka lokalatih penyusunan keuangan BUMDes di Aula Bappeda Buton Utara. Foto: Protokol Setda Buton Utara

" Untuk menunjang pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan BUMDes menuju Butur yang maju adil dan sejahtera, dibutuhkan peningkatan Sumbar Daya Manusia yang berdaya guna dan berkualitas "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Kompol (Purn) Ahali, S.H, M.H menekankan kepada pengelola dana desa agar anggaran yang masuk di desa dikelola dengan sebaik-baiknya.

Lanjut Ahali, apabila tidak dikelola dengan baik, akan menyalahi ketentuan yang berlaku, yang pada akhirnya bisa membawa masalah buruk terutama bagi pengelolanya sendiri akan berurusan dengan aparat hukum, dan masyarakat desa pada umumnya mengalami kerugian.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Butur, Ahali saat membuka Lokalatih penyusunan laporan keuangan BUMDes di aula Bappeda Butur, Senin (18/10/2021).

Selanjutnya Ahali mengatakan, untuk menunjang pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan BUMDes menuju Butur yang maju adil dan sejahtera, dibutuhkan peningkatan Sumbar Daya Manusia yang berdaya guna dan berkualitas.

Pembukaan lokalatih penyusunan keuangan BUMDes, kerja sama Pemda Butur dengan Yayasan IDRAP. Foto: Protokol Setda Butur

 

Lebih lanjut Wakil Bupati menjelaskan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam rangka pemanfaatan potensi ekonomi desa secara maksimal, menurutnya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk masyarakat yang bernilai tambah dan berdaya saing hingga memberi dampak bagi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Baca Juga: Peserta Terbaik Pemuda Muhammadiyah Muna Hafiz 30 Juz

Baca Juga: BNNP Sultra Lakukan Sosialisasi dan Tes Urine Dua Perusahaan di Konut

Ahali berharap agar keuangan BUMDes bisa membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian pengelolaan BUMDes harus dilakukan dengan penuh inovasi, profesional dan merubah polah pikir (mindset), serta meninggalkan rutinitas yang tidak produktif.

Lokalatih penyusunan laporan keuangan BUMDes kali ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Butur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan Yayasan IDRAP Sulawesi Tenggara, berlangsung 3 gelombang mulai tanggal 18 Oktober sampai dengan 23 Oktober 2021. (C-Adv).

Reporter: Aris

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga