Warga Baubau Diminta Waspada, Operasi Zebra Anoa 2023 Dimulai

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Warga Baubau Diminta Waspada, Operasi Zebra Anoa 2023 Dimulai
Apel gelar pasukan operasi Zebra Anoa di Polres Baubau. Foto: Ist.

" Operasi Zebra Anoa 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai 4-17 September 2023 yang ditujukan untuk meningkatkan kamseltibcarlantas yang kondusif, guna mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai "

BAUBAU, TELISIK.ID - Operasi Zebra Anoa 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai 4-17 September 2023 yang ditujukan untuk meningkatkan kamseltibcarlantas yang kondusif, guna mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai.

Kapolres Baubau, AKBP Bungin Masokan Misalayuk menuturkan, untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan melalui pendekatan premtif dengan bentuk kegiatan sosialisasi peraturan dan tata tertib berlalu lintas, serta penindakan pelanggaran melalui Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) dan penindakan secara manual terhadap pengemudi yang tidak tertib dalam berlalu lintas.

Adapun beberapa jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi juga telah ditetapkan, antara lain yaitu pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, sepeda motor yang berboncengan lebih dari dua orang, pengendara yang tidak menggunakan helm berstandar SNI, tidak menggunakan safety belt, dan pengemudi yang berkendara dalam pengaruh alkohol, serta kendaraan yang melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

Baca Juga: Operasi Zebra Anoa Dimulai, Patuhi Aturan dan Siapkan Kelengkapan Kendaraan

Baca Juga: Elit Nasdem Batal Lapor SBY, Demokrat: Ruang Demokrasi Tidak untuk Diadili

"Saya menekankan agar pelaksanaan operasi dilaksanakan secara maksimal, sehingga mencapai tujuan yang diharapkan serta berdampak bagi peningkatan disiplin dan pengetahuan masyarakat dalam berlalu lintas," tuturnya.

Ia juga menjelaskan, unsur yang terlibat dalam operasi ini adalah Satlantas Polres Baubau, Sub Denpom XIV/3-2, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Baubau.

"Karena ini patroli gabungan, jadi kita bersama-sama dengan Kapolres dan untuk kesiapan kita akan maksimalkan," tutur Kadis Perhubungan Kota Baubau, Arlis. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga