Warga Keluhkan Trotoar Arah Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Mulai Rusak

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 14 Maret 2024
0 dilihat
Warga Keluhkan Trotoar Arah Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Mulai Rusak
Kondisi trotoar yang mulai rusak di jalan Martandu Kendari. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Trotoar di Jalan Martandu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, yang seharusnya menjadi akses aman bagi pejalan kaki, kini mengkhawatirkan. Pasalnya kontruksi dari area tersebut mulai terbuka lebar atau rusak "

KENDARI, TELISIK.ID - Trotoar di Jalan Martandu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, yang seharusnya menjadi akses aman bagi pejalan kaki, kini mengkhawatirkan. Pasalnya kontruksi dari area tersebut mulai terbuka lebar atau rusak.

Diketahui, fungsi utama trotoar untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki. Selain itu, juga berfungsi memperlancar lalu lintas jalan raya, karena tidak terganggu atau terpengaruh oleh lalu lintas pejalan kaki.

Dari pantauan Telisik.id, Kamis (14/3/2024) pagi, tepatnya trotoar sebelah kanan dari arah Bundaran Gubernur Sulawesi Tenggara terlihat mulai mengalami kerusakan yang cukup parah. Trotoar yang seharusnya menjadi jalur aman bagi pejalan kaki, kini rusak, mengancam keselamatan mereka.

Baca Juga: 4 Rumah Warga Gunung Jati Tertimpa Longsor

Salah satu warga yang sering melintas di area tersebut, Alfat mengaku khawatir saat berjalan di trotoar yang mulai rusak itu.

"Trotoar ini bahaya, banyak lubangnya dan cukup besar. Salah langkah bisa  masuk ke dalam got (drainase)," ucapnya sambil mengelus dada, Kamis (14/3/2024).

Kondisi ini semakin diperparah dengan tumbuhnya rerumputan di sekitar trotoar, menambah kesan bahwa area ini membutuhkan perhatian serius.

Pedagang yang berjualan di sekitar trotoar, Mira, juga menyampaikan harapannya agar pemerintah segera mengambil tindakan.

"Saya merasakan dampaknya secara langsung. Ketika hujan turun, air mulai naik ke permukaan dan mengikis badan trotoar, tidak aman untuk dilalui," ujarnya.

Warga berharap agar keluhan mereka mendapat tanggapan serius dan tindakan yang tepat dari pihak berwenang.

Baca Juga: RS Santa Anna Kendari Beroperasi Kembali Usai Kebanjiran, Buka Hanya Empat Poli

Tidak hanya trotoar yang menjadi perhatian, namun juga tiang listrik yang berada di sekitar area tersebut. Tiang listrik tersebut terlihat terkikis akibat bekas aliran banjir, meningkatkan risiko tumbang jika terjadi banjir susulan.

Menanggapi hal tersebut, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan (UP3) Kendari, Munawir Liling, saat diinformasikan, mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengecek kondisi tiang listrik tersebut.

Hingg berita ini dibuat, Telisik.id juga berusaha mengkonfirmasi keluhan warga ke pemerintah, baik Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara, namun belum membuahkan hasil. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga