Warga Korea Utara Mati Kelaparan, Kekayaan Kim Jong Un Tembus Rp 74 Triliun

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Warga Korea Utara Mati Kelaparan, Kekayaan Kim Jong Un Tembus Rp 74 Triliun
Korea Utara (Korut) dilaporkan mengalami krisis pangan. Namun pemimpinnya justru makin kaya. Foto: KNC

" Harta kekayaan yang dimiliki pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mencapai US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 74,5 triliun (kurs Rp 14.900) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Korea Utara (Korut) dilaporkan mengalami krisis pangan. Sejumlah warga Korut dilaporkan meninggal dunia karena kelaparan. 

Beberapa ahli mengatakan, Korea Utara telah mencapai titik terburuk sejak fenomena kelaparan tahun 1990-an yang dikenal sebagai Arduous March atau Maret yang Sulit.

Fenomena itu menyebabkan kelaparan massal dan menewaskan ratusan ribu orang, atau diperkirakan 3-5?ri populasi yang saat itu berjumlah 20 juta orang.

"Pasokan makanan kini telah menurun di bawah jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan minimum manusia,” menurut Lucas Rengifo-Keller, seorang analis riset di Peterson Institute for Ekonomi internasional dilansir dari Liputan6.com.

Baca Juga: Ibu Hamil di Korea Utara Dibunuh karena Tunjuk Foto Kakek Kim Jong Un, Dua Remaja Ikut Jadi Korban

Bahkan jika makanan didistribusikan secara merata, Rengifo Keller mengatakan bahwa “Anda akan mengalami kematian terkait kelaparan.”

Namun di balik warga Korut yang sedang mengalami krisis, ternyata kekayaan Presiden Kim Jong Un menjadi sorotan. Melansir detik.com, berdasarkan laporan dari Fox Business dan Celebrity Net Worth, disebutkan harta kekayaan yang dimiliki pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un mencapai US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 74,5 triliun (kurs Rp 14.900).

Sementara itu, dirinya tercatat menerima gaji US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,49 triliun dalam setahun. Bila dihitung per bulan, Kim Jong Un menghasilkan sekitar Rp 124,16 miliar.

Sekadar informasi, data ini didapat dari hasil penyelidikan bersama Korea Selatan dan Amerika pada Maret 2013. Jadi besar kemungkinan bila besaran harta kekayaan yang dimiliki Kim Jong Un ini sudah berubah.

Baca Juga: Kim Jong Un Kembali Ingatkan Warga Korea Utara agar Makan Lebih Sedikit hingga 2025

Dalam penyelidikan tersebut, dijelaskan bahwa aset milik Kim Jong Un beserta keluarganya ditemukan di lebih dari 200 rekening bank asing yang berlokasi di seluruh dunia di berbagai negara termasuk Austria, Liechtenstein, Russia, Singapura, China, Swiss, dan Luksemburg. Banyak dari akun ini berlokasi di China dan dilaporkan berisi uang tunai ratusan juta dolar.

Menurut laporan, Kim memiliki hampir 20 istana dan rumah mewah yang tersebar di seluruh Korea Utara untuk penggunaan pribadinya. Dia juga dikatakan memiliki lebih dari 100 mobil mewah, dengan preferensi mobil sport Eropa.

Selain itu, Kim Jong-un memiliki setidaknya satu jet pribadi dan kapal pesiar mewah yang panjangnya lebih dari 100 kaki. Sebagaimana dirinci oleh mantan pemain basket Dennis Rodman, Kim Jong Un menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah pulau pribadi di lepas pantai Korea Utara. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga