Warga Routa Curhat ke Pj Bupati Konawe Soal Infrastruktur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 22 Oktober 2023
0 dilihat
Warga Routa Curhat ke Pj Bupati Konawe Soal Infrastruktur
Pj Bupati Konawe bersama jajaran Forkopinda dan OPD saat mengunjungi Desa Tanggola. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Warga Desa Tanggola curhat pada Penjabat (Pj) Bupati Konawe, saat melakukan kunjungan kerja yang didampingi Forkopimda, serta para OPD "

KONAWE, TELISIK.ID - Warga Desa Tanggola curhat pada Penjabat (Pj) Bupati Konawe, saat melakukan kunjungan kerja yang didampingi Forkopimda, serta para OPD.

Salah satu warga yang tinggal di Desa Tanggola, Jumalakassa yang menyambut rombongan mengungkapkan rasa haru mereka terhadap kehadiran Pj Bupati Konawe bersama rombongan.

Ia membeberkan, Harmin Ramba adalah satu-satunya Bupati Konawe yang pernah mengunjungi Desa Tanggola. Bahkan membawa para OPD dan Forkopimda yang membuat warga merasa sangat dihargai.

"Kehadiran Bupak Bupati Konawe, Pak Harmin Ramba, di tengah masyarakat kami, khususnya di Desa Tanggola, terasa seperti malaikat yang diutus tuhan. Kami sangat berharap agar kehadiran beliau membawa perubahan, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Kami sangat berharap demikian, Pak Bupati," ungkap warga tersebut, Minggu (22/8/2023).

Baca Juga: Kunjungi Titik Nol Kilometer, Pj Bupati Konawe Segera Kerjakan Jalan Latoma-Routa

Ia juga mengungkapkan, harapan untuk mendapatkan Sertifikat Hak Atas Tanah (SKT) atas tanah yang telah mereka kelola selama bertahun-tahun. Bagi mereka, memiliki tanah adalah bagian dari kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan. Mereka berharap pemerintah dapat membantu.

Warga juga menyoroti kondisi infrastruktur di daerah tersebut. Mereka menginginkan pembangunan jembatan dan peningkatan akses ke ibu kota kecamatan, agar harga pupuk dan bahan pokok menjadi lebih terjangkau.

Ia juga menyampaikan kesulitan yang dialami akibat akses yang sulit, seperti harga bensin yang menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan daerah lain.

"Harga perbotol di sini Rp 18.000, untuk pupuk Poska capai Rp 350. 000 karena tidak ada subsidi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tonggala, Supardi mengatakan harapannya agar perbaikan infrastruktur jalan dapat terlaksana, guna menunjang perekonomian masyarakat.

Ia mengungkap, fasilitas mayoritas penduduk di Desa Tonggala merupakan petani, sehingga kebutuhan akan pupuk bersubsidi sangat penting bagi mereka.

"Salama ini kita mengambil pupuk dari Sulawesi Selatan karena aksesnya lebih dekat, walaupun harganya mahal," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Supardi bantuan-bantuan aspirasi juga tidak pernah didapatkan, serta Ia berharap agar lahan-lahan milik warga Desa Tanggola statusnya bisa diturunkan dari yang sebelumnya merupakan kawasan KSDA.

Menanggapi hal tersebut Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menyatakan, dia sengaja membawa para OPD dan Forkopimda ke Kecamatan Routa untuk melihat langsung kondisi infrastruktur dan mendengar keluhan warga.

"Saya sengaja membawa kepala dinas terkait agar mereka dapat melihat dan mendengar langsung keluhan warga, bukan hanya menunggu laporan dari kepala desa," katanya.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Warning Kasatpol PP Tarik Sejumlah Randis yang Disembunyikan

Harmin Ramba juga berkomitmen untuk membangun infrastruktur penting lainnya di Routa, termasuk jaringan internet, penyediaan air bersih, penerangan dan pengaspalan jalan.

Salah satu proyek strategis yang diungkapkan adalah pembangunan jalan antara Kecamatan Latoma dan Routa sepanjang sekitar 109 kilometer.

Selama kunjungan di Desa Tanggola, Pj Bupati Konawe juga mengalokasikan dana sebesar Rp 200 juta untuk pengelolaan dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tanggola. Dana awal ini akan dikelola oleh Bumdes tersebut.

Harmin Ramba juga mengatakan untuk mempermudah para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan masyarakat di Routa dalam melakukan transaksi keuangan seperti tarik tunai dan menabung, Pj Bupati Konawe akan meminta Bank Sultra untuk menyediakan layanan keuangan, minimal dengan membuka kantor kas BPD. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga