Waspada, Ini Bahaya Konsumsi Durian Secara Berlebihan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 25 Februari 2024
0 dilihat
Waspada, Ini Bahaya Konsumsi Durian Secara Berlebihan
Mengonsumsi buah durian secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Foto: Repro Hellosehat

" Makan durian terlalu banyak berisiko menimbulkan bahaya kesehatan. Risiko jangka pendeknya, Anda bisa mabuk durian dan tubuh terasa panas "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi penggemar durian, makan durian adalah kesempatan yang sayang dilewatkan. Namun, makan durian terlalu banyak berisiko menimbulkan bahaya kesehatan. Risiko jangka pendeknya, Anda bisa mabuk durian dan tubuh terasa panas.

Bagi Anda pecinta buah durian, perlu diperhatikan takaran mengonsumsi buah ini. Karena dari berbagai penelitian, ada dampak negatif jika terlalu banyak mengonsumsi durian atau duren. Apalagi bagi orang yang mengidap obesitas, hipertensi, penyakit jantung dan diabetes.

Kandungan gula dan lemak dalam durian bisa memperburuk kondisi yang sudah ada apabila dikonsumsi berlebihan.

Ini dampak mengonsumsi durian secara berlebihan yang perlu diketahui, seperti dikutip dari halodoc.com:

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Masalah Pencernaan

Pernah mendengar istilah mabuk durian? Sebenarnya, durian tidak memabukkan karena tidak ada kandungan alkoholnya. Namun, saat kamu mengonsumsi durian berlebihan, efek yang timbul adalah sakit perut dan perut kembung. Nah, perut yang terasa kembung ini yang kerap disangka mabuk durian.

Peningkatan Gula Darah

Bagi Anda yang mengidap diabetes atau punya riwayat keluarga diabetes, sebaiknya lebih bijak saat makan durian. Kandungan glukosa dalam durian meningkatkan gula darah sehingga bisa memperburuk gejala diabetes. Makan durian saat sedang mengonsumsi obat diabetes bisa menghambat kerja obat. Jadi, pastikan kamu tidak makan durian terlebih dahulu saat sedang mengonsumsi obat diabetes.

Baca Juga: Keajaiban Buah Pepaya California: Kaya Manfaat dan Kecanggihan Kesehatan

Peningkatan Berat Badan

Durian juga mengandung kalori dan karbohidrat yang sangat tinggi. Hal ini tentu perlu dihindari oleh orang-orang yang sudah mengalami obesitas. Satu kilogram buah durian ukuran sedang umumnya mengandung hampir 1.500 kalori. Jadi, satu durian utuh saja sudah mencukupi hampir 70 persen kebutuhan kalori harian tubuh. Kalau kamu tidak ingin berat badan naik secara tiba-tiba, sebaiknya jangan makan durian terlalu banyak.

Selain itu, dilansir dari hellosehat.com, ada efek samping lain dari kebanyakan makan durian, yaitu tubuh terasa panas seperti terbakar. Kondisi ini biasa terjadi jika durian dimakan secara berlebihan dan terus-menerus. Penyebabnya diduga berasal dari kandungan sulfur dalam durian.

Riset dari dalam Food Chemistry (2014) menyelidiki apakah sulfur dalam durian punya efek penghangat tubuh sebagaimana kandungan TRPA1 dan TRPV1 dalam bawang putih. Hasil uji laboratorium menyimpulkan bahwa terdapat efek pemanasan tubuh dari makan durian seperti ketika makan rempah-rempah. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga