adplus-dvertising

Dahsyatnya Manfaat Membaca Al-Qur'an Setelah Subuh dan Magrib

Irawati, telisik indonesia
Selasa, 21 September 2021
17429 dilihat
Dahsyatnya Manfaat Membaca Al-Qur'an Setelah Subuh dan Magrib
Membaca satu huruf dalam Al-Qur'an akan mendatangkan satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Foto: Repro Liputan6.com

" Al-Qur'an merupakan istilah dari bahasa arab yang memiliki arti bacaan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Al-Qur'an merupakan istilah dari bahasa arab yang memiliki arti bacaan. Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril.

Al-Qur'an diturunkan secara berangsur-angsur di kota besar Mekah dan Madinah sejak tahun 610 M sampai kematian Nabi Muhammad SAW tiba yaitu pada tahun 632 M.

Dikutip dari detik.com, Al-Qur'an sesuai bahasa adalah bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, pengertian Al-Qur'an adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.


Al-Qur'an diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari gramedia.com, istilah Al-Qur'an berasal dari kata kerja qara’a yang artinya membaca. Istilah Al-Qur'an juga tertulis di dalam Al-Qur'an itu sendiri, bahkan istilah Al-Qur'an muncul sebanyak 70 kali, salah satunya tercantum dalam surah At-taubah ayat 111 yang berbunyi,

"Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.”

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut kedahsyatan manfaat membaca Al-Qur'an sesudah Magrib dan Subuh:

Memberikan Pahala dan Kebaikan

Sesuai dengan hadis sahih, membaca satu huruf dalam Al-Qur'an akan mendatangkan satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika membaca Al-Qur'an digiatkan dan disiplinkan. Setiap ba’da subuh dan ba’da magrib untuk selalu membaca Al-Qur'an . Dengan terus menerus membaca Al-Qur'an, kelancaran akan semakin bertambah. Dengan membaca Al-Qur'an secara lancar, maka akan semakin banyak huruf yang dapat dibaca.

Ditinggikan Derajatnya

Dalam hadis sahih yang diriwayatkan oleh H.R Muslim disebutkan bahwa derajat seseorang diangkat oleh Allah dengan kitab ini (Al-Qur'an). Hal ini dibuktikan dengan seorang budak bernama Ibnu Abza. Beliau sebelumnya hanyalah seorang budak.

Namun karena beliau rajin membaca Al-Qur'an dan mempelajarinya, akhirnya beliau bisa menjadi pengurus atau syarif dari penduduk Al-Wadi. Umar pun hingga kagum dibuatnya. Umar kemudian mengingat perkataan nabi bahwa Al-Qur'an memang dapat meninggikan derajat pembacanya.

Tidak hanya dalam kisah terdahulu, hingga zaman sekarang pun, tak jarang orang yang sukses menempati jabatan tinggi, ternyata rahasianya adalah rajin membaca Al-Qur'an .

Membaca Al-Qur'an dengan terjemahannya tentu akan lebih-lebih lagi menambah derajatnya. Dengan membaca terjemahannya, maka nilai-nilai kebaikan dapat ditangkap dan diamalkan. Dengan mengamalkan nilai nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari, maka derajat akan meningkat.

Baca juga: Yuk Zikir Pagi, Pembuka Pintu Rezeki

Baca juga: Panjatkan Doa Ini Agar Segala Urusan Lancar dan Dimudahkan

Mendapatkan Keselamatan di Dunia dan di Akhirat

Kehidupan di dunia seringkali penuh dengan masalah. Tidak berhenti disitu, di akhirat juga penuh dengan ancaman. Dimana panas terik padang mahsyar membakar tubuh. Sementara, orang orang kafir disiksa.

Membaca Al-Qur'an secara disiplin, membantu manusia untuk selamat di dunia dan di akhirat. Dalam Al-Qur'an, terkandung banyak nilai-nilai, ajaran dan pedoman hidup. Nilai-nilai tersebut, ketika dibaca dapat menjadi peringatan untuk selalu berbuat baik dan beramal saleh, sehingga keselamatan dunia sekaligus di akhirat dapat direngkuh.

Selain itu, di dalam Al-Qur'an juga banyak doa-doa tertentu. Doa ini, baik secara sadar maupun tidak sadar, merupakan permohonan terhadap bantuan Allah untuk mendapatkan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Memperkuat Daya Ingat

Riset dari Universitas Al-Azhar mengungkap bahwa ketika membaca Al-Qur'an, kinerja otak akan meningkat. Selain itu, daya ingat juga semakin tajam. Penelitian tersebut menganjurkan untuk rajin membaca Al-Qur'an untuk meningkatkan daya ingat. Waktu-waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an adalah setelah salat subuh dan magrib.

Dengan rangsangan Al-Qur'an yang terus menerus bekerja terhadap otak, maka insya Allah kita akan terhindar dari kepikunan. Hal ini juga yang menyebabkan banyak ulama yang di masa tua tetap mampu menghafal berbagai kitab.

Bukti lainnya, ketika sering membaca Al-Qur'an secara diulang-ulang, maka secara tidak sadar ayat Al-Qur'an tersebut selalu teringat dalam pikiran.

Menyembuhkan penyakit

Dalam Al-Qur'an surah Asy-Syuara ayat 80:

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.”

Salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Qur'an. Manfaat membaca Al-Qur'an bagi kesehatan mampu menjaga tubuh tetap segar dan terhindar dari penyakit.

Sebelumnya, sudah disebutkan bahwa Al-Qur'an dapat menentramkan. Artinya, tubuh dalam kondisi rileks dan bebas dari ketegangan dan stres, dalam kondisi tersebut, aliran darah dapat mengalir normal, begitu juga sistem saraf yang bekerja normal. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga