24.462 Bilik Suara Pemilu 2024 Mulai Disalurkan di Sulawesi Tenggara

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
24.462 Bilik Suara Pemilu 2024 Mulai Disalurkan di Sulawesi Tenggara
Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril mengatakan mulai melakukan penyaluran bilik suara Pemilu 2024. Foto: Erni Yanti/Telisik

" KPU Sulawesi Tenggara, menyalurkan bilik suara Pemilu 2024 ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Sulawesi Tenggara, menyalurkan bilik suara Pemilu 2024 ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Asril mengatakan, total tempat pemungutan suara (TPS) di Sulawesi tenggara sebanyak 8.154 tersebar di 17 kabupaten/kota dengan jumlah bilik yang dibutuhkan untuk setiap TPS sebanyak 3 dikalikan 8.154.

"Berarti jumlah keseluruhannya adalah 24.462 bilik kita distribusikan, dan alhamdulillah tadi malam sudah kami tuntaskan secara keseluruhan di 17 kabupaten/kota," ungkap Asril, saat ditemui Telisik.id, Selasa (17/10/2023).

Dalam menyalurkan bilik suara tersebut, Asril menyebut, pihaknya meminta peran serta TNI/Polri untuk mengawal pengamanan pada saat distribusi ke kabupaten/kota.

Baca Juga: Polri dan TNI Gelar Apel Pasukan di Jawa Timur, Gubernur Minta Pemilu 2024 Berjalan Aman

"Kita tetap dalam proses pengawalan kepolisian untuk memastikan keamanan dari logistik tersebut, dengan mekanisme atau metode yang dilakukan pihak kepolisian sesuai informasi yang kami dapat, mereka itu model estafet," ungkapnya.

Model estafet yang dilakukan guna memantau agar bilik suara tersebut tetap aman saat pendistribusian ke kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

"Pergerakan inilah dari provinsi menuju kabupaten/kota tentu ini butuh pengawalan, dikontrak kami dengan ekspedisi itu kami menunggu digudang masing-masing," jar Asril.

Asril juga berharap dengan keterlibatan kepolisian, memastikan keamanan dari perjalanan bilik suara ini sebagai kelengkapan logistik pada Pemilu 2024 ini terdistribusi ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Sementara untuk kotak suara akan tiba dalam waktu dekat, dengan jumlah 5 kotak suara di kali 8.154 TPS di Sulawesi Tenggara.

"Kotak suaranya ini dalam waktu dekat tiba  sekarang sudah dalam perjalanan, jadi jumlah kotak suara ini lebih banyak dari bilik. Dari jumlah TPS 8.154 dikali 5 kotak, sehingga kita siapkan adalah 40.770," jelasnya.

Dilansir dari situs resmi kpu.go.id, pengadaan logistik Pemilu 2024 secara tidak langsung telah dimulai seiring dengan pelaksanaan kegiatan klik nasional pemesanan katalog nasional logistik Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima saat membuka Rapat Koordinasi Pengadaan dan Klik Pemesanan Katalog Nasional Logistik Pemilu 2024 Tahap I dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Logistik (Silog) di Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024 Polres Kolaka Timur Siapkan 216 Personel

Menurut Wima ketika semua satuan kerja (satker) KPU melakukan klik e-katalog nasional secara otomatis telah melaksanakan perikatan dengan pihak ketiga.

Untuk itu dia berpesan kepada para sekretaris KPU provinsi di seluruh Indonesia untuk terus memantau proses ini, dan memastikan semuanya tepat jumlah, tepat waktu, tepat jenis, tepat sasaran dan tepat kualitas.

Mendukung tugas tersebut, KPU menurut Wima telah mengembangkan Sistem Informasi Logistik (Silog), yang mensupport proses pemantauan produksi dan distribusi secara tertib dan teratur.

“Proses pengadaan logistik Pemilu 2024 harus dilakukan dengan menjunjung tinggi dan mengedepankan prinsip integritas akuntabilitas, profesionalitas dan transparan,” tandasnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga