Siap-Siap Google Hapus Gmail 1 Desember, Begini Cara Amankan Akun

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 12 November 2023
0 dilihat
Siap-Siap Google Hapus Gmail 1 Desember, Begini Cara Amankan Akun
Mulai bulan depan, tepatnya 1 Desember, Google akan hapus akun Gmail yang sudah lama tak dipakai. Foto: Ajnn.net

" Mulai bulan depan, tepatnya 1 Desember 2023 Google bakal hapus akun Gmail yang sudah lama tak dipakai. Kebijakan tersebut berlaku bagi semua layanan Google, misalnya tidak digunakan untuk mengakses seperti Gmail, Google Search maupun YouTube "

KENDARI, TELISIK.ID - Mulai bulan depan, tepatnya 1 Desember 2023 Google bakal hapus akun Gmail yang sudah lama tak dipakai. Kebijakan tersebut berlaku bagi semua layanan Google, misalnya tidak digunakan untuk mengakses seperti Gmail, Google Search maupun YouTube.

"Perubahan tidak memengaruhi Anda kecuali tidak aktif di akun Google selama dua tahun atau tidak menggunakan akun Anda untuk masuk layanan Google apapun selama lebih dari dua tahun," kata Google dalam email pemberitahuan, dikutip dari Cnbcindonesia.com, Jumat (10/11/2023).

Google mulai menyebar pemberitahuan ke pengguna yang akunnya tidak aktif. Email pengingat tersebut akan dikirimkan sekitar 8 bulan sebelum perusahaan mengambil tindakan.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Antisipasi Pemadaman Bergilir

"Setelah akun Google dihapus, alamat Gmail untuk akun yang dihapus tidak bisa digunakan lagi saat membuat akun Google baru," jelas Google.

Cara agar akun Gmail tak dihapus Google

Dikutip dari Kompas.com, setiap akun yang berisiko dihapus akan menerima beberapa pemberitahuan. Raksasa teknologi ini mulai mengirimkan email kepada pengguna terdampak untuk memberi tahu bahwa Google berniat melindungi informasi pribadi dan mencegah akses tidak sah ke akun.

Melalui notifikasi, Google juga memberi tahu, berhak menghapus akun yang tidak aktif beserta semua datanya jika tak terekam aktivitas apa pun selama minimal dua tahun. Guna mencegah penghapusan permanen, cara termudah adalah masuk atau login ke akun Gmail setidaknya setiap dua tahun sekali.

Dilansir dari laman Google, berikut aktivitas yang dapat dilakukan agar Gmail atau akun Google tidak dihapus:

1. Membaca atau mengirim email melalui Gmail.

2. Menggunakan Google Drive.

3. Menonton video YouTube menggunakan akun Google.

4. Berbagi foto via Google Photos.

5. Mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Dapur Estetik 2024

6. Menggunakan Google Penelusuran atau Google Search.

7. Sign in atau masuk ke aplikasi maupun layanan pihak ketiga menggunakan akun Google.

Google menjelaskan, aktivitas ditunjukkan berdasarkan akun Google dan bukan perangkat. Oleh karena itu, pengguna bebas melakukan berbagai aktivitas menggunakan akun Google di perangkat mana pun.

Sebagai catatan, kebijakan ini juga hanya menyasar akun Google pribadi, bukan akun untuk kantor, sekolah, atau akun organisasi lainnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga