adplus-dvertising

3 Tips Mengatasi Gangguan Saat Belajar yang Wajib Kamu Tahu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 14 Januari 2022
164 dilihat
3 Tips Mengatasi Gangguan Saat Belajar yang Wajib Kamu Tahu
Ilustrasi belajar. Foto: Repro google.com

" Untuk menjadi orang pintar dan cerdas jalannya adalah dengan belajar "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjadi orang pintar dan cerdas jalannya adalah dengan belajar. Ya, belajar yang serius dan konsisten.

Mengutip kemdikbud.go.id, belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

Menurut Oemar Hamalik (2004: 27) “belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior through experiencing)”.


Belajar dengan serius dan bersungguh-sungguh juga kunci meraih harapan dan cita-cita.

Hanya saja, seringkali seseorang belajar tapi pelajaran yang dia pelajari tidak dapat dia pahami atau tidak memberikan dampak bagi perkembangan pengetahuannya.

Hal tersebut dialami jika cara belajarnya yang salah. Pasti banyak sekali distraksi pada saat belajar yang dapat mengganggu konsentrasinya. Ujung-ujungnya, ia jadi terganggu dan malas melanjutkan untuk belajar.

Olehnya itu, perlu persiapan yang matang sebelum memulai belajar agar tidak mudah terganggu dengan distraksi yang ada di lingkungan sekitar.

Melansir yoursay.com, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum belajar agar kegiatan belajar kamu maksimal dan tidak mudah terganggu:

1. Atur waktu belajar

Kamu harus menetapkan waktu yang spesifik saat belajar. Misalnya, kamu ingin belajar selama satu jam, atur alarm atau timer selama satu jam dan kamu harus benar-benar fokus selama satu jam tersebut. Jangan tergoda dengan hal lainnya.

Setelah satu jam berakhir, kamu bisa beristirahat dan menentukan apakah lanjut belajar atau selesai. Kamu harus disiplin dan konsisten selama belajar.Mengatur waktu belajar juga dapat membuat kamu dapat memantau seberapa banyak waktu yang kamu habiskan dalam sehari untuk belajar.

2. Temukan tempat yang tepat

Jika ingin konsentrasi belajar dan tidak mudah terganggu, temukan tempat belajar yang tepat. Jangan belajar di tempat tidur, karena otak kita sudah terbiasa menghubungkan tempat tidur sebagai tempat untuk beristirahat dan bersantai, sehingga tanpa sadar kita mudah mengantuk dan tidak bersemangat ketika belajar di tempat tidur.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Merawat Kesehatan Rambut Bagi Wanita Berhijab

Usahakan belajar di meja belajar atau tempat-tempat lain yang damai dan tidak banyak gangguan. Rapikan kamar dan meja belajarmu agar kamu tidak stres melihat tempat yang berantakan yang dapat berdampak pada penurunan semangat belajar. 

3. Jauhkan ponsel dari jangkauan

Distraksi atau pengganggu terbesar bagi pelajar saat belajar adalah notifikasi atau pemberitahuan dari ponsel. Untuk menyiasati hal ini, kamu harus meletakkan ponselmu di tempat yang jauh dan tidak terjangkau dari tempat kamu belajar.

Baca Juga: Catat, 4 Tips Motivasi Diri supaya Lebih Rajin Berolahraga

Usahakan untuk membuat ponsel terletak di tempat yang tidak terjangkau oleh penglihatanmu. Matikan semua notifikasi yang dapat masuk ke ponselmu. Dengan demikian, kamu tidak akan terganggu dan tergoda untuk membukanya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga