4 Fakta Sumur Barhout yang Diduga Rumah Jin

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 03 Oktober 2022
0 dilihat
4 Fakta Sumur Barhout yang Diduga Rumah Jin
Sumur Barhout ini memiliki diameter 30 meter dan dijuluki Sumur Neraka. Foto: Repro dream.co.id

" Sumur Barhout merupakan salah satu sumur dengan lubang besar yang berada di tengah Gurun Al-Mahra, Yaman, yang masih menjadi misteri masyarakat sekitar. Lubang besar yang dikenal sebagai Sumur Barhout ini memiliki diameter 30 meter dan dijuluki Sumur Neraka "

KENDARI, TELISIK.ID - Sumur Barhout merupakan salah satu sumur dengan lubang besar yang berada di tengah Gurun Al-Mahra, Yaman, yang masih menjadi misteri masyarakat sekitar. Lubang besar yang dikenal sebagai Sumur Barhout ini memiliki diameter 30 meter dan dijuluki Sumur Neraka.

Mitos yang masih di pegang masyarakat di daerah sini bahwa jika mereka terlalu dekat, lubang itu dapat menarik orang ke dalamnya. Sebagian lain mengklaim bahwa lubang yang menganga itu adalah gunung berapi super yang mampu menghancurkan Bumi, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini.

Melansir dari Sindonews.com, Sumur Barhout dilaporkan warga setempat jika bau busuk yang keluar dari lubang besar, sesuatu yang memicu cerita tentangnya sebagai pintu gerbang ke neraka. Namun, pada kenyataannya, Sumur Barhout adalah lubang pembuangan yang cukup khas.

Baca Juga: 5 Fakta Unik di Dunia, Nomor 2 Ada Indonesia

“Ada berbagai jenis lubang pembuangan. Yang paling umum adalah lubang runtuhan dan amblesan," kata Philip van Beynen, ahli lubang pembuangan di University of South Florida, seperti dilansir dari Sindonews.com

Beberapa hal misterius lain yang ditemui di sumur ini yaitu:

1. Dipercaya sebagai penjara setan

Mengutip dream.co.id, Direktur umum otoritas setempat yang membidangi studi geologi dan sumber daya mineral, Babhair mengatakan pernah memasuki sumur hingga kedalaman 50-60 meter. Kemudian tim yang memasuki sumur tersebut merasakan hal-hal misterius.

“Kami memasuki sumur. Kami mencapai kedalaman lebih dari 50-60 meter dan saya merasakan hal-hal aneh di dalam”, jelasnya.

Pada saat yang sama ketakutan penduduk setempat dan keyakinan akan cerita legenda yang sama tentang sumur yaitu sebagai penjara setan. Kini tim spelunkers dari Oman memenuhi impian banyak penjelajah dan berhasil turun ke "neraka" tersebut.

2. Ditemukan beberapa hewan mati

Mereka menemukan ular, hewan mati, dan mutiara dari gua abu-abu dan hijau yang dibentuk oleh tetesan air. Profesor Geologi di Universitas Teknologi Jerman di Oman, Mohamed al Kindi, mengatakan tidak ada jejak mahluk ghaib selain bau menyengat yang berasal dari burung mati.

3. Sinar Matahari tak tembus kedalam sumur

Melansir cnnindomesia.com, Sinar matahari pun tak bisa menembus seluruh bagian lubang ini. Jika mengamati dari tepian sumur, hanya sedikit yang bisa terlihat. Meski demikian, burung-burung masih terbang masuk dan keluar ke dalam sumur.

Baca Juga: Deretan Mobil Unik dan Aneh, Model Babi hingga High Heel

Videografer yang mencoba mengambil dari jarak dekat pun mengatakan bahwa video close-up sumur ini hampir mustahil untuk ditangkap.

4. Dikenal bisa membawa nasib buruk

Diketahui selama berabad-abad di wilayah tersebut, legenda diturunkan dari generasi ke generasi tentang roh jahat yang dikenal sebagai "jin" yang tinggal di lubang neraka ini.

Bahkan sebagian besar penduduk di daerah itu menghindari untuk mendekati lubang atau membicarakannya karena takut akan membawa nasib buruk bagi mereka.

Namun di luar legenda tersebut, negara ini sudah mengalami cukup banyak nasib buruk. Pasalnya negara itu telah mengalami perang saudara sejak 2014 antara pemerintah dan pemberontak houthi, yang menyebabkan puluhan kematian dan jutaan orang terlantar. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga