4 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Pergi Liburan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 27 Desember 2022
0 dilihat
4 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Pergi Liburan
Berlibur atau melakukan liburan menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Foto: Repro qoala

" Salah satu kebiasaan yang dilakukan sebagian orang saat masa liburan tiba adalah berlibur. Biasanya liburan ini dilakukan bersama dengan keluarga "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan yang dilakukan sebagian orang saat masa liburan tiba adalah berlibur. Biasanya liburan ini dilakukan bersama dengan keluarga.

Dikutip dari bola.com, berlibur memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan mental. Itulah mengapa, disarankan agar kita sesekali mengambil waktu untuk berlibur agar kualitas hidup terjaga, yang juga akan memengaruhi produktivitas dan kreativitas dalam pekerjaan.

Berlibur atau melakukan liburan menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan, namun sebelum meninggalkan rumah untuk liburan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Baca Juga: 5 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips aman meninggalkan rumah saat liburan:

1. Nyalakan Lampu Seperlunya

Kedua kita nyalakan lampu seperlunya saja. Seperti hanya menyalakan bagian teras dan lampu jalan saja untuk menghemat listrik saat kita sedang bepergian.

2. Menitipkan Rumah dan Kunci kepada Tetangga

Menjaga kerukunan dengan tetangga sekitar rumah itu perlu dilakukan oleh kita. Saat kita terjadi sesuatu atau kita sedang bepergian tetangga dapat diandalkan.

Kita bisa menitipkan kunci rumah dan rumah kita kepada tetangga atau ketua RT setempat. Hal ini bisa menjadi jaminan jika sewaktu-waktu rumah kita terjadi kemalingan atau hal-hal buruk lain.

Tetangga akan membantu kita dalam menjaga rumah dan lingkungan kita selama kita tidak berada di rumah.

3. Pastikan Mencabut Peralatan Elektronik yang Tidak Digunakan

Memastikan peralatan elektronik seperti televisi, mesin cuci, kulkas, dan alat elektronik lain agar tercabut wajib untuk dilakukan. Karena hal tersebut bisa mencegah terjadinya korsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Bisa Terealisasi

4. Isi Token Listrik/Bayar Tagihan Listrik

Selain mencegah agar listrik tidak padam, mengisi token listrik juga mencegah agar tetangga tidak merasa terganggu dengan suara meteran listrik.

Seperti yang sudah kita ketahui, suara yang dikeluarkan oleh meteran listrik sebagai penanda bahwa token sudah mau habis sangat kencang dan bisa mengganggu tetangga sekitar.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman saat ditinggal liburan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga