4 Tips Gaya Hidup Minimalis, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
4 Tips Gaya Hidup Minimalis, Patut Dicoba
Hidup minimalis membuat kita hidup dalam kualitas dan tidak banyak yang kita butuhkan. Foto: shutterstock

" Hidup minimalis menjadi salah satu pilihan agar hidup bisa lebih produktif. Maka perlu untuk mengetahui cara hidup seperti ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Hidup minimalis menjadi salah satu pilihan agar hidup bisa lebih produktif. Maka perlu untuk mengetahui cara hidup seperti ini.

Menurut Break The Twitch, dikutip dari gramedia.com, minimalis adalah gaya hidup yang berfokus pada meminimalkan gangguan yang dapat menjga Anda untuk melakukan apa yang benar-benar penting saja.

Menurut Joshua Becker, penulis Becoming Minimalist, minimalis adalah tentang mendapatkan apa yang membuat Anda bahagia dan menghilangkan apa yang tidak.

Hidup minimalis ini praktis dan seperti hidup sederhana. Kita hidup dalam kualitas, dan tidak banyak yang kita butuhkan.

Baca Juga: Bahaya Penggunaan Krim Abal-Abal

Maka ada baiknya kita mengetahui cara hidup minimalis ini.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips untuk memulai hidup minimalis:

1. Manfaatkan barang yang ada

Alih-alih membeli barang baru, akan lebih baik jika kamu mampu memanfaatkan barang yang kamu miliki dengan maksimalkan.

Jika terdapat kerusakan kecil pada barang yang kamu miliki, sebaiknya lakukan reparasi pada barang tersebut agar bisa digunakan kembali.

Hindari mengganti barang baru sebelum barang yang kamu miliki benar-benar rusak.

2. Singkirkan barang yang tak terpakai

Jika kamu memiliki banyak barang yang tak terpakai, mulailah dengan menyingkirkan barang-barang tersebut. Kamu bisa menjual barang-barang yang sudah tidak kamu butuhkan atau mendonasikannya kepada orang lain yang membutuhkannya.

Kamu perlu bersikap cermat dalam menyortir barang agar tidak salah pilih. Pikirkan secara baik-baik terkait barang apa yang benar-benar kamu butuhkan.

Jika kamu masih sulit untuk menyingkirkan barang dengan jumlah yang banyak, mulailah secara bertahap. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk hidup secara minimalis.

3. Gunakan barang berkualitas baik

Barang dengan kualitas baik tentu memiliki banyak keunggulan, salah satunya yaitu tidak mudah rusak.

Dengan menggunakan barang-barang berkualitas bagus, maka kamu bisa memanfaatkan barang tersebut dengan jangka waktu yang panjang.

Kamu tidak perlu ragu akan keawetan dan efektifitas barang tersebut. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun hal itu sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan. 

4. Hindari membeli barang tidak dibutuhkan amat

Tidak dipungkiri, barang-barang yang lucu dan aesthetic seringkali mampu memikat hati seseorang untuk memilikinya. Namun, perilaku seperti ini tentu saja bertentangan dengan konsep  hidup minimalis.

Seorang minimalis harus mampu menahan diri untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Bullying pada Anak

Mereka hanya akan membeli barang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Hindari juga untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan meskipun barang tersebut sedang diskon besar-besaran.  

Oleh karena itu, keterampilan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan sangat diperlukan.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Telisikers lakukan untuk memulai hidup minimalis. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga