5 Gerakan Ampuh Kempeskan Lemak di Perut

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
5 Gerakan Ampuh Kempeskan Lemak di Perut
Plank menargetkan banyak kelompok otot, memperkuat perut dan punggung. Foto: Repro CNNIndonesia.com

" Membangun rutinitas olahraga yang konsisten dan makan makanan yang bergizi seimbang, sangat penting untuk menghilangkan lemak perut "

KENDARI, TELISIK.ID - Punya perut yang buncit dan bergelambir memang sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, lemak di perut juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Cleveland Clinic, penumpukan lemak perut akan memicu beberapa jenis penyakit berbahaya, seperti diabetes, penyakit hati berlemak, penyakit jantung dan kolesterol tinggi, sindrom ovarium polikistik, apnea tidur, nyeri sendi, hingga kanker.

Itulah mengapa membangun rutinitas olahraga yang konsisten dan makan makanan yang bergizi seimbang, sangat penting untuk menghilangkan lemak perut.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research mencatat bahwa latihan perut dapat meningkatkan daya tahan otot yang merupakan komponen penting untuk kebugaran dan penurunan berat badan.

Melansir CNNIndonesia.com, berikut ini 5 olahraga yang bisa melunturkan lemak di perut.

1. Plank

Latihan statis ini menargetkan banyak kelompok otot, memperkuat perut, punggung, dan bahu sambil menopang tulang belakang Anda untuk bagian tengah tubuh yang lebih kuat dan lebih tegas.

"Plank adalah gerakan inti menyeluruh yang sering Anda lihat dalam latihan otot perut karena ia bekerja di seluruh inti. Ini juga menuntut glutes, yang memainkan kekuatan inti secara keseluruhan," kata Nobbe.

Mulailah dengan tabletop position, yaitu posisi tubuh seperti hendak merangkak dengan meletakkan lengan di bawah. Kemudian langkahkan kaki ke belakang, turunkan ke lengan bawah Anda, dan libatkan otot perut, glutes, dan kaki Anda untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sejajar dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Baca Juga: Tips Bakar Lemak di Perut dalam Waktu Dua Minggu

Tahan posisi ini tanpa membiarkan pinggul Anda melayang terlalu tinggi atau melorot terlalu rendah. Lakukan empat set plank 30 hingga 60 detik.

2. Mountain climber

Mountain climber adalah gerakan dinamis yang melibatkan perut, lengan, dan kaki. Melakukan ini dengan intensitas tinggi adalah cara yang pasti untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme untuk tubuh yang lebih ramping dan berotot.

"Bila dilakukan dengan bentuk yang baik, mountain climber membakar perut lemak dan berfungsi sebagai kardio, yang membantu membakar lemak seiring waktu. Namun, Anda harus bergerak cepat dan terkendali selama gerakan ini," kata Nobbe.

3. Burpees

Meskipun burpees mungkin bukan olahraga favorit kebanyakan orang, latihan ini manjur untuk menghilangkan lemak. Burpe meningkatkan detak jantung Anda, membakar kalori, dan membangun kekuatan di perut, lengan, dan kaki untuk perut yang lebih rata.

"Burpe adalah gerakan seluruh tubuh yang membutuhkan kekuatan core yang besar dan kuat untuk mendapatkan bentuk yang tepat," kata Nobbe.

Turunkan tubuh ke posisi jongkok, dan letakkan tangan di lantai di depan Anda. Lompat kaki Anda kembali ke posisi papan tinggi, lalu lakukan push-up, tekuk siku, dan turunkan dada ke lantai.

Balikkan gerakan dengan cepat, lompat kaki ke belakang dengan tangan sebelum melompat saat Anda mengangkat lengan ke atas. Mendarat dengan lembut dari lompatan, lalu ulangi. Lakukan burpe sebanyak mungkin dalam 30 detik selama lima putaran.

4. Windshield wipers

Windhield wiper mengaktifkan otot perut untuk membantu membentuk garis pinggang yang meruncing.

"Gerakan ini mungkin sederhana, tetapi ini adalah penghancur lemak perut yang bekerja dengan obliques di sisi Anda dan rektus abdominis - juga dikenal sebagai otot six-pack," jelas Nobbe.

Baca Juga: 11 Tips Mengurangi Lemak di Perut pada Wanita, Apa Saja?

Berbaring telentang dengan tangan terentang ke samping untuk stabilitas. Engsel di pinggul untuk mengangkat kaki Anda dari lantai, jaga agar tetap lurus. Dengan kaki tegak lurus dengan lantai, turunkan perlahan ke satu sisi hingga mendekati lantai tanpa menyentuhnya.

Bawa kaki Anda kembali ke tengah, lalu turunkan ke sisi yang lain. Lakukan empat set dengan 15 repetisi, dan berganti sisi dengan setiap repetisi.

5. Russian twist

Russian twist dipercaya mampu melunturkan lemak perut, meningkatkan stabilitas otot perut, dan mengencangkan bagian tengah tubuh.

"Gerakan klasik ini dapat dilakukan hanya dengan berat badan Anda atau sambil memegang halter, kettlebell, atau piring. Gerakan memutar melibatkan otot perut dan obliques," kata Nobbe.

Duduklah dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Bersandar sedikit ke belakang, jaga punggung tetap lurus dan dada tegak. Pegang kedua tangan di depan Anda atau pegang beban, lalu putar badan ke satu sisi, menyentuh atau hampir menyentuh lantai dengan tangan Anda.

Putar ke sisi yang berlawanan, lalu lanjutkan bergantian dengan setiap pengulangan. Bertujuan untuk empat set 15 hingga 20 repetisi per sisi. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga