5 Hal yang Terjadi Setelah Ratu Elizabeth Meninggal, Nomor 3 Bikin Kaget

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 09 September 2022
0 dilihat
5 Hal yang Terjadi Setelah Ratu Elizabeth Meninggal, Nomor 3 Bikin Kaget
Ratu Elizabeth II pimpinan Kerajaan Inggris dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/9/2022). Foto: Repro Okezone

" Pangeran Charles otomatis naik takhta menjadi Raja Inggris usai Ratu Elizabeth berpulang. Ia akan dikenal sebagai Raja Charles III "

LONDON, TELISIK.ID - Pemimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun terakhir, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia di Istana Balmoral pada Kamis (8/9/2022).

Bendera kebangsaan Inggris diturunkan setengah di berbagai gedung negara tersebut untuk memperingati belangsungkawa mereka.

Berikut Telisik.id merangkum 5 hal yang terjadi setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia dilansir dari berbagai sumber.

1. Pangeran Charles Naik Takhta

Melansir CNNIndonesia.com, Pangeran Charles dengan otomatis naik takhta menjadi Raja Inggris usai Ratu Elizabeth berpulang. Ia akan dikenal sebagai Raja Charles III.

Raja Charles saat ini menjadi pemimpin Kerajaan Inggris dan 14 negara Alam Persemakmuran, termasuk Australia dan Kanada.

Ia menjadi kepala dari 56 negara yang menjadi anggota persemakmuran.

Raja Charles juga mengemban tanggung jawab sebagai Kepala Angkatan Bersenjata Inggris, pengadilan, serta layanan publik.

Baca Juga: Digugat di Pengadilan, Elon Musk Punya Kartu As Lawan Twitter

Ia juga menjadi Gubernur Tertinggi Gereja Inggris. Ia turut bertanggung jawab sebagai Fount of Honour yang berarti semua gelar kehormatan, seperti ksatria, bakal diberikan atas namanya.

2. Hari Berduka Nasional Inggris

Ketika Ratu meninggal, libur nasional akan diselenggarakan dan akan dimasukkan ke dalam 12 hari berduka nasional Inggris atau national warning days. Bendera-bendera akan dikibarkan setengah tiang dan para pelajar maupun mahasiswa akan diliburkan dari kegiatan belajarnya di sekolah dan kampus.

Para pekerja akan diliburkan atau dipulangkan lebih awal dari jadwal kerja mereka. Acara pertandingan nasional akan ditunda dan program radio akan lebih banyak membawakan berita tentang kematian Ratu Elizabeth II.

3. Logo Perangko, Mata Uang Inggris, dan Lagu Kebangsaan Akan Berubah

Melansir Pikiranrakyat.com, hal yang satu ini barangkali membuat Anda kaget, ketika Pangeran Charles menggantikan takhta Ratu Elizabeth II, maka pecahan uang kertas dan uang logam juga akan berubah dengan gambar Pangeran Charles. Mata uang yang semula menggunakan gambar Ratu Elizabeth II akan ditarik dari peredaran untuk diganti dengan mata uang bergambar Pangeran Charles.

Perangko juga akan diubah gambarnya dengan gambar Pangeran Charles. Selain itu lagu kebangsaan yang semula berjudul God Save The Queen akan berubah menjadi God Save The King.

4. Seluruh Posisi Pewaris Takhta Akan Berubah

Ketika Pangeran Charles menjadi raja, maka seluruh pewaris takhta kerajaan akan berubah ke satu posisi yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Enaknya Tinggal di Brunei Darussalam, Harga BBM Lebih Murah dari Es Teh

Istri Charles statusnya akan diangkat menjadi ratu dan putra pertama Pangeran Charles yaitu Pangeran William akan menggantikan posisi ayahnya sebagai prince of wales.

5. Pembaringan Tubuh Ratu

Sang Ratu akan diberikan pemakaman kenegaraan yang bersifat pribadi dan hanya dihadiri oleh keluarga inti kerajaan di Istana Buckingham. Pada prosesi kedua, tubuh Ratu Elizabeth II akan dipindahkan ke Westminster Hall dan didiamkan disana selama 4 hari.

Para pelayat diizinkan memberikan penghormatan selama 23 jam sehari kepada Ratu Elizabeth II. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga