5 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 25 Agustus 2022
0 dilihat
5 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh
Salah satu cara yang bisa mengatasi sakit gigi adalah dengan obat alami atau herbal. Foto: Repro shutterstock

" Sakit gigi merupakan kondisi munculnya rasa nyeri pada sekitar gigi dan rahang, yang mempunyai tingkat keparahan yang bervariasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit gigi menjadi salah satu penyakit yang sering dialami seseorang. Karenanya kita mesti tahu cara mengatasinya secara mandiri.

Dikutip halodoc.com, sakit gigi merupakan kondisi munculnya rasa nyeri pada sekitar gigi dan rahang, yang mempunyai tingkat keparahan yang bervariasi.

Umumnya, nyeri saat sakit gigi bisa terasa ketika pengidap mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin, serta terjadi pada malam hari.

Kerusakan gigi adalah penyebab utama sakit gigi pada sebagian besar anak-anak dan orang dewasa. Bakteri yang hidup di mulutmu bertumbuh dengan baik dari gula atau sari dalam makanan yang dikonsumsi.

Bakteri ini kemudian membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi. Asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat mengikis lapisan putih keras di bagian luar gigi kamu (enamel) dan menciptakan rongga.

Sebagai alternatif untuk mengobati sakit gigi, Anda bisa mencoba dengan cara alami.

Melansir alodokter.com, beberapa jenis obat alami sakit gigi agar cepat sembuh di bawah ini:

1. Air garam

Beberapa orang diketahui berhasil mengobati sakit gigi dengan obat sakit gigi alami yang satu ini.

Baca juga: 7 Cara Mudah Senam Pernapasan Secara Mandiri

Air garam kerap disebut sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang. Sebab, garam diketahui merupakan desinfektan alami, dan bisa membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

Selain itu, air garam juga diketahui mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka yang ada di sekitar area dalam mulut.

Caranya adalah dengan mencampurkan kurang lebih setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut.

2. Kompres air dingin

Menggunakan kompres air dingin juga merupakan cara alami untuk mengobati rasa nyeri akibat sakit gigi yang Anda alami.

Saat menggunakan kompres air dingin, pembuluh darah pada area yang Anda kompres akan menyempit. Hal ini diketahui dapat mengurangi rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan pada area tersebut.

3. Bawang putih

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami sakit gigi cepat sembuh, Anda bisa menghancurkan beberapa siung bawang putih hingga berbentuk pasta kemudian aplikasikan ke area gigi yang sakit.

Bawang putih diketahui dapat meredakan sakit gigi karena kandungan allicin yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji disebut-sebut memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengobati sakit gigi.

Baca juga: Tak Hanya Baik Bagi Kesehatan, Ini 3 Manfaat Alpukat untuk Kehidupan Seksual

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mencuci bersih dan mengunyahnya, atau hancurkan daun jambu biji tersebut, kemudian rebus, dan gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur.

5. Kompres teh pepermin

Teh pepermin kini sudah banyak dijual di pasaran dan Anda bisa menggunakannya untuk meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan mendinginkan kantung teh basah bekas pakai ke dalam lemari pendingin selama beberapa menit, kemudian letakkan ke area gigi yang terasa sakit.

Kompres teh pepermin tersebut diketahui mampu meredakan dan menenangkan rasa sakit dan nyeri akibat sakit gigi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika tidak ada perbaikan setelah menggunakan obat alami sakit gigi agar cepat sembuh di atas, terlebih jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga