6 Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 07 Mei 2022
0 dilihat
6 Tips Mencegah Penyakit Pasca Lebaran
Guna mencegah penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat usai Lebaran, ada beberapa cara sehat yang bisa dilakukan. Foto: Repro haibunda.com

" Banyak mengonsumsi buah dapat membantu mencegah penyakit akibat makanan yang mengandung lemak, karbohidrat dan gula pasca Lebaran "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran yang baru saja usai tentu menghadirkan berbagai macam kuliner yang membuat kita ingin memakan semuanya.

Namun sejalan dengan itu, berbagai penyakit pun terkadang bermunculan dan sering kali mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Apalagi jika kita tak berhati-hati memilih makanan, maka tubuh kita bisa mudah terserang berbagai penyakit, terlebih makanan dengan kandungan lemak tinggi, karbohidrat dan juga gula.

Untuk mencegah hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa tips ini, seperti dikutip dari merdeka.com dan suara.com.

1. Komsumsi Buah

Beragam buah bisa Anda pilih seperti jeruk, alpukat, semangka atau bahkan apel. Buah-buahan dipercaya memiliki kandungan serat yang amat tinggi sehingga tidak pernah gagal dalam membuat Anda kenyang lebih lama dan menghindarkan Anda dari keinginan konsumsi makanan tinggi kalori.

2. Banyak Komsumsi Sayur

Banyak mengonsumsi sayuran adalah cara tepat untuk menjaga kesehatan usai Lebaran. Terdapat banyak protein dari beragam jenis sayur dan juga biji-bijian yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

Anda bisa menyiapkan sayuran dengan memotong-motongnya sebagai bahan makanan selama seminggu penuh. Misalnya dengan membuat irisan jamur serta bombai untuk digoreng.

Baca Juga: Simak, Ini 6 Tips Semangat Bekerja Setelah Mudik Lebaran

3. Mengganti Minuman Manis dengan Smoothie

Anda bisa membuat smoothies dengan paduan buah, selai kacang dan tambahan beberapa bahan lain seperti bubuk cokelat, parutan kelapa, biji chia dan juga kacang mete mungkin. Anda juga dapat menambahkan bahan lain seperti air kelapa, kefir atau susu.

4. Air Putih

Ketika Lebaran berakhir, ada baiknya jika perbanyak konsumsi air putih. Anda juga pasti tahu cukup dengan air putih 8 gelas setiap hari atau sekitar 2 liter sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Air putih juga sangat mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau, ini juga menjadi salah satu minuman 0 kalori dan sehat untuk tubuh Anda. Maka jika Anda mengonsumsinya sebanyak apapun ini tidak akan membuat kalori menjadi bertambah untuk tubuh.

5. Porsi Makan Teratur

Sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang dimakan. Kalau mau mencoba seluruh makanan yang ada, ambil porsi kecil dalam setiap makanan. Pastikan juga untuk memperbanyak porsi sayur yang ada supaya berat badan masih bisa dikendalikan dengan baik.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Ini 4 Cara Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

6. Banyak Bergerak

Ketika Lebaran sangat disarankan untuk perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah. Misalnya, bersih-bersih area makan, cuci piring, atau ajak keluarga bermain di teras rumah. Usai Lebaran, pastikan pula untuk kembali berolahraga sehingga kesehatan masih berada dalam kondisi yang baik. 

Kamu dapat menjalankan beragam jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Misalnya berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, sampai kardio.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah berbagai penyakit usai Lebaran Idul Fitri 2022. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga