7 Meninggal, 130 Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 12 Juli 2021
0 dilihat
7 Meninggal, 130 Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Muna
Kabid P2P Dinkes Muna, Muslim Palari. Foto: Sunaryo/Telisik

" Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Muna terus terjadi. Saat ini, jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif sebanyak 130 orang. "

MUNA, TELISIK.ID - Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Muna terus terjadi. Saat ini, jumlah masyarakat yang terkonfirmasi positif sebanyak 130 orang.  

Kabid Pengendalian Pemberantasan dan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna, Muslim Palari merinci, dari 130 kasus positif itu, tujuh di antaranya telah meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS). Kemudian, 17 orang dirawat di RS, 32 orang isolasi mandiri dan 74 dinyatakan telah sembuh.

"Tujuh yang meninggal itu terdiri dari dua warga Tongkuno, satu Parigi, satu Wakorumba Selatan (Wakorsel) dan tiga Katobu," kata Muslim, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Konawe Utara Dilanda Banjir dan Longsor

Baca juga: Hari Ini Inspektorat Ekspos Hasil Audit Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa Lengora

Jumlah kasus COVID-19 baru hampir setiap hari terjadi. Pada Sabtu (10/7/2021), warga yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab sebanyak 10 orang. Kemudian, Minggu (11/7/2021) ada lagi tambahan 8 orang. Mereka yang terkonfirmasi positif itu tersebar di beberapan kecamatan yakni Katobu, Batalaiworu, Lasalepa, Duruka, Napabalano, Lohia, Wakorsel, Tongkuno, Batukara dan Parigi.

"Mereka ada yang masuk klaster Kendari dan orang tanpa gejala (OTG)," sebutnya.

Untuk mencegah penularan penyakit mematikan itu, pihaknya terus melakukan penelusuran terhadap para kontak erat. Namun, kesulitan yang dihadapi di lapangan adalah kontak erat selalu menghindar.

"Bahkan, ada pula yang positif bergejala seharusnya mendapatkan perawatan di RS, tapi menolak. Jadi memang agak sulit untuk mendapatkan data-data kontak erat," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga