8 Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
8 Cara Sederhana Bahagiakan Orang Tua
Salah satu cara sederhana bahagiakan orang tua adalah dengan menjaga komunikasi yang intens, walaupun hanya sekedar menanyakan kabar melalui telepon ataupun video call. Foto: Repro hellosehat.com

" Membahagiakan orang tua wajib dilakukan oleh seorang anak, karena dari merekalah kita bisa menjadi manusia yang berguna hingga saat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Membahagiakan orang tua wajib dilakukan oleh seorang anak, karena dari merekalah kita bisa menjadi manusia yang berguna hingga saat ini. Tak sedikit pengorbanan dan perjuangan yang dilakukan orang tua bagi anaknya.

Bersyukurlah apabila orang tua masih diberkahi umur panjang sehingga bisa melihatmu tumbuh dan berkembang. Itu juga berarti, Anda masih diberi kesempatan untuk membahagiakan orang tua.

Dilansir dari suara.com jaringan Telisik.id, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membahagiakan orang tua, yaitu :

1. Ucapan terima kasih

Ucapan terima kasih memang terkesan sepele, tapi kapan terakhir kali berterima kasih kepada orang tua. Ucapan terima kasih, sesederhana apapun itu, akan memberikan kesenangan tersendiri pada orang tua, karena mereka merasa dihargai. Oleh karena itu, mulai biasakan ucapkan terima kasih kepada orang tua sendiri.

2. Jaga komunikasi

Kesibukan mungkin menghalangi untuk rutin berkomunikasi dengan orang tua. Mungkin membuatmu merasa itu adalah hal yang wajar, karena orang tua pasti mengerti kesibukan Anda yang memang tidak bisa ditinggal.

Tetapi sesekali ada baiknya memberi kabar pada orang tua meski hanya sebatas telepon atau melalui video call, hal ini juga mengurangi rasa rindu orang tua terhadap anaknya, terutama bagi mereka yang bekerja ataupun sedang jauh dari orang tua.

3. Ajak traveling

Ajak orang tua Anda melihat dunia baru. Dunia yang mungkin dikorbankan oleh orang tua Anda dulu untuk membiayai kebutuhan anda semasa kecil. Manfaat traveling untuk kesehatan mental pun sudah tidak diragukan lagi. Traveling mampu memperkaya pengalaman Anda dan orang tua Anda.

4. Ingat tanggal penting

Tanggal penting bagi orang tua Anda adalah hari ulang tahun mereka dan hari ulang tahun pernikahan. Jangan pernah lupa untuk mengucapkan selamat ulang tahun dengan menyampaikan harapan dan doa anda kepada mereka.

Baca Juga: Viral: Wanita Ini Relakan Suami dengan Pria Lain, Ternyata Seorang Gay

Dilansir dari yoursay.id, berikut cara sederhana bahagiakan orang tua

5. Dengarkan nasihat

Setiap orang tua pasti akan memberi anaknya nasihat. Entah saat anaknya berbuat salah atau karena hal lain. Nasihat itu merupakan bagian dari kasih sayang orang tua. Mereka tentunya akan merasa senang bila nasihat-nasihatnya didengarkan dengan baik oleh anak.

6. Membantu

Apabila tidak mempunyai asisten rumah tangga, maka kamu perlu membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah. Seperti menyapu, mengelap kaca, atau mencuci piring. Itu akan meringankan beban orang tua, sekaligus membahagiakannya.

Baca Juga: 11 Sifat Wanita yang Dikagumi Banyak Pria

7. Belikan makanan kesukaan

Saat kamu kecil, orang tua akan berusaha memberikan makanan-makanan yang kamu sukai. Maka, sekarang saatnya kamu yang melakukan hal yang sama untuk mereka. Sama sepertimu, orang tua juga pasti memiliki makanan favorit. Jadi, kamu bisa membelikannya dan menyantap makanan itu bersama-sama.

8. Sopan

Poin terakhir ini penting sekali. Bahkan bisa menjadi pondasi hubunganmu dengan orang tua. Sebab, hubungan yang baik bisa terjadi dengan adanya komunikasi yang baik pula. Maka kamu harus menjaga perkataan serta nada bicara ketika sedang berbicara dengan orang tua. Jangan sampai membuat mereka merasa tersinggung dan sakit hati. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga