Adu Kecepatan Perahu Ketinting Suku Bajo di Wakatobi Dihadiri Ribuan Masyarakat

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Rabu, 13 Juli 2022
0 dilihat
Adu Kecepatan Perahu Ketinting Suku Bajo di Wakatobi Dihadiri Ribuan Masyarakat
Perahu Ketinting masyarakat suku Bajo adu kecepatan di perkampungan Bajo, Pulau Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi. Foto: Lukman/Telisik

" Ribuan masyarakat antusias menyaksikan perlombaan balap perahu ketinting suku Bajo se-Kabupaten Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat antusias menyaksikan perlombaan balap perahu ketinting suku Bajo se-Kabupaten Wakatobi.

Kegiatan yang bertempat di perkampungan Bajo pulau Wangi-wangi  ini diselenggarakan oleh Kerukunan masyarakat (Kekar) Bajo Kabupaten Wakatobi.

Penasehat Kekar Bajo Wakatobi, Dadang mengungkapkan perlombaan tersebut diselenggarakan atas dasar permintaan masyarakat setempat, karena sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah dilakukan lagi.

"Perlombaan perahu ketinting ini diselenggarakan oleh Kekar Bajo Wakatobi sebagai ajang silaturahim antara masyarakat  suku Bajo yang berada di Kabupaten Wakatobi karena sudah beberapa tahun terakhir kegiatan seperti ini tidak pernah dilakukan lagi", terangnya, Rabu, (13/7/2022).

Baca Juga: DPRD Muna Barat Tujuh Tahun Gunakan Gedung TK, Pj Bupati Siap Selesaikan Kewajiban Pemkab

Sekretaris Panitia lomba Perahu Ketinting, Oki mengungkapkan ada 30 perahu ketinting yang mengikuti perlombaan itu.

Baca Juga: Emak-emak Tarik Bus Damri Pakai Tali di Tanjakan Jalan Rusak Ronta-Maligano

"Antusias masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan ini sangat besar sekali, hal ini dapat dilihat dari pesertanya yang mencapai 30 perahu yang bertanding," ujarnya.

Beberapa jenis perahu yang bisa mengikuti perlombaan itu di antaranya jenis perahu fiber 2 mesin, perahu fiber 1 mesin dan perahu kayu 1 mesin. (B)

Penulis: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga