Anies Baswedan Capres 2024, La Ode Basir: Peluangnya Sangat Besar Karena Ini

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Rabu, 27 Oktober 2021
0 dilihat
Anies Baswedan Capres 2024, La Ode Basir: Peluangnya Sangat Besar Karena Ini
Anies Baswedan. Foto: Repro cnbcindonesia.com

" Deretan nama-nama tersebut telah menghiasi ruang publik maupun media massa untuk bakal calon pada pilpres 2024 mendatang "

JAKARTA,TELISIK.ID – Meskipun pemilihan presiden (Pilpres) 2024 masih lama, namun beberapa tokoh publik telah menyusun strategi melalui partai politik (parpol) maupun dari kelompok masyarakat.

Di antaranya, Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPR-RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Parnowo dan teranyar adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Deretan nama-nama tersebut telah menghiasi ruang publik maupun media massa untuk bakal calon pada pilpres 2024 mendatang.

Namun yang mendapat sorotan publik ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui non-parpol dideklarasikan maju untuk merebut kursi RI 1.

Diketahui, Anies dideklarasikan dari kelompok masyarakat mengatasnamakan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) ‘For Presiden 2024’ di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021) lalu.

Padahal hasil survei pada 25 Oktober 2021 dari Lembaga Poltracking Indonesia terkait elektabilitas para bakal calon, memunculkan tiga nama utama yang dinilai publik cocok maju calon presiden 2024. Yakni Ganjar Pranowo (18,2 persen), Prabowo Subianto (17,1 persen) dan Anies Baswedan (10,2 persen).

Menanggapi hal itu, Koordinator ANIES, La Ode Basir mengatakan, pihaknya menilai hasil survei merupakan hal yang wajar sebagai tolak ukur elektabilitas tokoh publik saat ini.

Namun, pascapendeklarasian pihaknya melihat harapan masyarakat terhadap Anies sangatlah besar dan tentu akan mempengaruhi angka-angka dari setiap hasil survei.

Baca Juga: Ketua Fraksi PAN DPR Tawarkan Solusi Alternatif Soal Test PCR

Baca Juga: Punya Visi Misi Cerdas, AHY Didukung Nelayan Pantura Jadi Capres 2024

“Bisa dilihat bagaimana tanggapan publik (kepada Gubernur DKI Jakarta) Anies for Presiden 2024,” kata La Ode saat ditemui Telisik.id di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Selain itu, La Ode menjelaskan alasan mendeklarasikan Anies Baswedan maju pada Pilpres 2024 karena kepemimpinannya. Ia menyebut dukungan tersebut bermula dari diskusi 4 tahun kepemimpinan Anies di Jakarta.

"Kegiatan ini bermula dari diskusi kami dalam rangka merefleksi 4 tahun kepemimpinan Bapak Anies Rasyid Baswedan di Jakarta," katanya.

Lebih lanjut, pria kelahiran Maluku ini menjelaskan, pihaknya banyak melakukan diskusi untuk mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta. Menurut La Ode, ada banyak komunitas yang terlibat berdiskusi soal perkembangan Jakarta selama dipimpin Anies.

"Di masing-masing kami ada kelompok-kelompok diskusi mengkaji perkembangan yang ada di Jakarta yang kemudian kami berkumpul dengan tema diskusi refleksi kepemimpinan Anies Rasyid Baswedan di Jakarta, minggu lalu," ucapnya.

La Ode menyebut Anies Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Misalnya, Pemprov DKI Jakarta mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri terkait pengelolaan pemerintah yang akuntabel dan transparan tahun 2021.

"Ada satu kata kunci yang menjadi kesepakatan kami bahwa Bapak Anies Rasyid Baswedan berhasil memimpin Jakarta. Apa instrumen keberhasilannya? Sangat banyak yang bisa kita sebut," jelasnya.

"Kita bisa ungkap di Agustus kemarin Jakarta kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri tentang pengelolaan pemerintah yang akuntabel, yang transparan, dan banyak penghargaan-penghargaan lain," lanjutnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berkeinginan keberhasilan Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta bisa dilakukan untuk Indonesia.

“Saya La Ode Basir, putra Sulawesi, kelahiran Maluku. Keluarga besar saya di Sulawesi sangat iri dengan warga Jakarta dapat pemimpin seperti Pak Anies,” kata dia.

Bahkan, La Ode menjelaskan bukan hanya keberhasilan Anies yang patut diapresiasi, tetapi juga karakter yang sopan santun dan bekerja terstruktur.

“Dengan karakter yang sudah teruji, orangnya (Anies) lemah lembut, tutur katanya sopan, baik, bekerjanya serba terukur terstruktur, jangan hanya dinikmati warga Jakarta. Kami juga seluruh warga Indonesia ini ingin menikmati,” katanya. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga