Anies dan Ganjar Optimis Ungguli Prabowo Debat Pertahanan, Istora Dijaga Ketat

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
Anies dan Ganjar Optimis Ungguli Prabowo Debat Pertahanan, Istora Dijaga Ketat
Personel kepolisian berjaga di pintu masuk Gedung Istora, lokasi debat ketiga kampanye Pilpres 2024, kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/1/2024). Foto: Mustaqim/Telisik

" Tim pemenangan masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) sama-sama optimis capres mereka lebih unggul dalam debat ketiga di Istora Senayan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Tim pemenangan masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) sama-sama optimis capres mereka lebih unggul dalam debat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam ini.

Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto,  menegaskan bahwa Ganjar akan menyampaikan gagasan terbaik.

“Pak Ganjar dan Pak Mahfud siap memberikan gagasan yang terbaik terkait dengan hubungan internasional, untuk kepeloporan Indonesia di dalam membangun persaudaraan dunia,” kata Hasto di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Hasto mengatakan, Ganjar akan fokus saat membahas pertahanan dan keamanan yang didasarkan pada kepercayaan masyarakat. Walau Prabowo dinilai lebih menguasai hal ini karena jabatannya sebagai Menteri Pertahanan RI.

Baca Juga: Makan Malam dengan Prabowo, Jokowi Tak Netral?

“Nantinya akan membedakan dengan Pak Prabowo yang lebih banyak melakukan utang luar negeri untuk pengadaan alutsista (alat utama sistem pertahanan, red)," ujarnya.

Ganjar juga disebut oleh Hasto akan serius mengedepankan kerja sama internasional. Yakni lewat diplomasi pertahanan agar dapat mengembangkan teknologi masa depan yang cocok dengan kondisi geografis Indonesia.

"Jadi Pak Ganjar sangat siap (mengungguli Anies dan Prabowo),” tegasnya.

Sikap optimis juga disampaikan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani. Dia  menegaskan, Prabowo sangat siap menghadapi debat ketiga malam ini.

Muzani memahami dua capres lainnya, Anies dan Ganjar, juga sudah siap dengan debat panas capres seperti pada debat pertama.

“Nanti kita saksikan sama-sama, pokoknya ini adalah sebuah perdebatan calon presiden yang saya kira menjadi hak bagi setiap warga negara Indonesia, di manapun berada untuk menyaksikan,” ujar Muzani, Minggu (7/1/2024).

Muzani mengingatkan bahwa Prabowo lebih menguasai tema debat, sudah terbiasa dengan debat Pilpres sebelumnya.

“Bagi Pak Prabowo ini bukan perdebatan sebagai calon presiden yang pertama, ini kali ketiga. Saya kira dari sisi itu beliau sangat paham dan dari sisi materi juga saya kira beliau sangat kuasai,” tandasnya.

Muzani pun menyadari Anies dan Ganjar sudah menyiapkan strategi untuk mengungguli Prabowo. Namun, dia enggan meremehkan capres nomor urut 1 dan 3 tersebut.

Sementara itu mantan pilot jet tempur F-16 yang dipercaya sebagai Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi Alaydrus, menegaskan bahwa Anies sangat siap menghadapi debat ketiga.

"Pasangan nomor urut 1, terutama Pak Anies, yakin akan melakukan debat pada malam hari ini, khususnya bidang pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, globalisasi, sudah sangat siap. Jadi tidak perlu dikhawatirkan lagi," tegas Syaugi di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).

Syaugi memastikan juga bahwa Anies tidak minder dengan Prabowo yang dianggap akan menguasai debat sesuai tema yang didebatkan.

Baca Juga: Debat Ketiga Capres Tak Lagi Monopoli MNC Group dan Libatkan Televisi Milik Prabowo, KPU Jamin 11 Panelis Berintegritas

"Oh enggak ada minder. Pak Anies itu selalu yakin. Programnya 'Desak Anies' itu sangat sulit itu. Lebih sulit daripada yang ini. Insyaallah, mudah-mudahan, doakan saja Pak Anies tampil gemilang," imbuhnya.

Sementara itu, pengamanan lokasi debat di Istora Senayan, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, terlihat ketat. Ribuan personel gabungan berjaga mulai dari Jalan Gerbang Pemuda di luar GBK hingga di sisi gedung Istora.

Para pendukung pasangan capres-cawapres yang hadir tanpa membawa undangan hanya diperbolehkan berkumpul di luar gedung Istora. Mereka duduk melantai sambil meneriakkan yel-yel.

Tema debat malam ini adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, globalisasi, hubungan internasional, dan politik luar negeri. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga