Antisipasi Dampak Ekonomi Pandemi COVID-19, Koltim Siapkan Dua Strategi Ini

Muh. Sabil, telisik indonesia
Kamis, 05 Agustus 2021
0 dilihat
Antisipasi Dampak Ekonomi Pandemi COVID-19, Koltim Siapkan Dua Strategi Ini
Bupati Koltim saat diwawancarai awak media. Foto: Muh Sabil/Telisik

" Pandemi COVID-19 berdampak tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Koltim "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID – Kondisi perekonomian masyarakat khususnya di Koltim selama masa pandemi COVID-19 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pandemi COVID-19 berdampak tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Koltim.

Saat ini, Pemkab terus berupaya semaksimal mungkin menangani dan menuntaskan kemiskinan serta kesenjangan sosial di wilayah tersebut akibat dampak Corona.

Untuk itu, pihak Pemkab Koltim meminta kepada seluruh kepala desa untuk memaksimalkan penggunaan anggaran dana desa (ADD) dalam membantu setiap warga yang mengalami kesulitan ekonomi di masa COVID-19.

“Kepada para kepala desa, saya minta untuk semaksimal mungkin menggunakan Dana Desa untuk penanggulangan COVID-19 ini," beber Bupati Koltim, Andi Merya Nur, Kamis (5/8/2021).

Lanjutnya, penggunaan dana desa yang efektif sangat bermanfaat menurunkan angka kemiskinan masyarakat desa serta meningkatkan kesejahteraan.

Untuk melindungi warga miskin dan rentan dari dampak pandemi COVID-19, maka Pemkab Koltim telah merancang dua strategi utama guna memberikan jaminan perlindungan sosial kepada masyarakat di daerah tersebut.

Pertama adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-Dana Desa) yang berupa bantuan keuangan yang bersumber dari dana desa dan ditujukan bagi  

masyarakat miskin serta kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari akibat wabah Corona.

Baca Juga: Memperluas Akses Informasi, Tower BTS akan Dibangun di Desa

Baca Juga: Hendak Berkebun, Seorang Pria Koltim Hilang di Hutan

Kemudian strategi kedua yaitu pendayagunaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berfungsi sebagai pemulihan ekonomi selama masa COVID-19.

Pemberdayaan BUMDes yang bergerak dalam bisnis keuangan diyakini mampu memenuhi kebutuhan usaha masyarakat Koltim pada skala mikro karena dapat dijalankan oleh pelaku usaha ekonomi di desa.

Selain itu, Bupati Koltim juga meminta kepada semua aparatur desa/kelurahan bersama Satgas COVID-19 Koltim agar tetap melakukan pencegahan dan penanganan serta pembinaan kepada masyarakat terutama disiplin menerapkan prokes.

Diharapkan dengan kedua program itu, dapat membantu masyarakat untuk tetap bertahan di masa sulit seperti sekarang ini. (C)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga