Aplkasi MiChat Disalahgunakan untuk Kejahatan dan Prostitusi Online

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Sabtu, 25 Februari 2023
0 dilihat
Aplkasi MiChat Disalahgunakan untuk Kejahatan dan Prostitusi Online
Aplikasi MiChat sering disalahgunakan oleh beberapa pengguna terutama untuk kegiatan prostitusi online dan kegiatan kriminal lainnya. Foto: Repro infokomputer - Grid.id

" Aplikasi MiChat menjadi sorotan publik karena banyaknya penyalahgunaan oleh para pelaku kejahatan dan prostitusi online "

KENDARI, TELISIK.ID - Aplikasi pesan instan MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting populer yang digunakan di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Aplikasi ini awalnya dikenal sebagai aplikasi yang aman dan terpercaya untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Namun belakangan ini, MiChat menjadi sorotan publik karena banyaknya penyalahgunaan aplikasi ini oleh para pelaku kejahatan dan prostitusi online atau biasa disebut open BO.

Banyak orang dewasa yang aktif di dunia malam menggunakan aplikasi MiChat untuk mencari teman kencan atau teman pesta. Beberapa orang juga menggunakan aplikasi ini untuk mencari korban pelecehan seksual atau perdagangan manusia.

Beberapa bentuk penyalahgunaan MiChat yang sering terjadi belakangan ini adalah bisnis prostitusi online atau open BO, penipuan, dan pelecehan seksual.

Para pelaku penyalahgunaan aplikasi MiChat sering menggunakan nama palsu dan foto palsu untuk menyamarkan identitas asli mereka.

Baca Juga: Indonesia Pengguna Aplikasi MiChat Terbanyak di Dunia, Kalahkan Prancis

Terkadang pengguna aplikasi ini menawarkan bisnis kencan nakal atau open BO kepada pelanggan yang tertarik agar dapat menggunakan jasa mereka.

Beberapa pelaku bahkan menggunakan aplikasi ini untuk menculik korban atau menjual anak di bawah umur secara online. Penyalahgunaan aplikasi MiChat ini menjadi sangat berbahaya.

Berdasarkan keterangan beberapa pengguna media sosial di Kendari, aplikasi MiChat sering digunakan untuk bisnis prostitusi.

Andra Prajaya, salah saorang yang iseng menggunakan aplikasi tersebut mengatakan bahwa saat pertama kali masuk ke aplikasi tersebut ia sudah ditawari oleh wanita-wanita nakal melalui chatting di aplikasi MiChat.

"Waktu pertama kali saya login di aplikasi itu (MiChat), baru beberapa menit, sudah banyak cewek-cewek kayak begitu, dia tawari saya jasanya, lengkap dengan tarif mainnya," kata Andra sambil tertawa kecil.

Melansir Solopos.com, alasan aplikasi tersebut dapat menjadi aplikasi yang dibuat untuk kegiatan prostitusi online oleh sejumlah penggunanya, dikarenakan terdapat fitur People Nearby yang membuat aplikasi ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa penggunanya untuk open BO.

Dengan fitur tersebut, memungkinkan pengguna menemukan sesama pengguna MiChat di sekitar lokasi mereka, sekalipun mereka tidak saling mengenal atau menyimpan nomor telepon. Fitur tersebut membuat para pengguna bisa bebas mengirim chat ke pengguna di sekitar lokasi mereka.  

Baca Juga: Pelaku Pemerasan Melalui Modus Kencan Berbayar Via Michat Ditangkap

Selain kegiatan prostitusi, mereka yang menggunakannya dianjurkan untuk selalu berhati-hati terhadap modus kejahatan lain yang dapat dilakukan oleh pengguna aplikasi ini, dan sebaiknya menghindari berinteraksi secara langsung dengan orang yang tidak dikenal.

Karena selain kegiatan prostitusi online, perdagangan manusia dan pelecehan seksual bisa saja menjadi hal yang patut diwaspadai oleh pengguna dari aplikasi ini.

Mereka juga harus selalu melaporkan setiap tindakan mencurigakan atau kejahatan yang terjadi di dalam aplikasi tersebut, terutama kepada pihak berwajib, untuk membantu membatasi dan mengantisipasi penyalahgunaannya di masa depan. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga