Apresiasi Peran Perempuan pada Pilcaleg 2024 di Kabupaten Bombana

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Jumat, 19 Mei 2023
0 dilihat
Apresiasi Peran Perempuan pada Pilcaleg 2024 di Kabupaten Bombana
Wenni Saputri (tengah) yang ikut andil dalam kontestasi Pilcaleg 2024 mendatang, di Kabupaten Bombana. Foto: Ist.

" Perhelatan Pemilu 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan, berbagai macam persiapan mulai dari sosialisasi hingga persiapan finansial telah dilakukan figur yang akan berkompetisi, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional "

KENDARI, TELISIK.ID - Perhelatan Pemilu 2024 sebentar lagi akan dilaksanakan, berbagai macam persiapan mulai dari sosialisasi hingga persiapan finansial telah dilakukan figur yang akan berkompetisi, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional.

Tentunya perhelatan yang akan dihadapi adalah pemilihan calon legislatif, kepala daerah,  hingga pemilihan presiden.

Pemuda asal pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Rezki Hendra sekaligus Ketua Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Moronene (Hippammor) Kendari, mengapresiasi peran perempuan khususnya di Pilcaleg Kabupaten Bombana yang akan datang.

Baca Juga: Satu Aleg Golkar Muna Tak Nyaleg, Dorong Putranya di PBB

Apalagi jika diliat di setiap pilcaleg kurang sekali keterlibatan perempuan untuk terjun di dunia politik. Munculnya perempuan dinilai adalah energi baru, menjadikan momentum pemilu sebagai sejarah agar perempuan ikut bersaing dalam Pemilu 2024.

Sosok Wenni Saputri yang akan ikut andil dalam kontestasi politik, dinilsi sosok inspiratif untuk generasi milenial saat ini, selain memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli, juga merupakan perempuan tangguh yang selalu memberikan inovasi di tengah masyarakat untuk pemberdayaan perempuan, maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Bombana.

"Keterwakilan perempuan di parlemen masih jarang, hadirnya Wenni Saputri sebagai caleg di Partai Demokrat, dengan nomor urut 1 sebagai keterwakilan gender merupakan moment yang akan bersejarah apabila terpilih, untuk pertama kalinya dapil 5 Kabaena anggota DPRD-nya dari kaum perempuan," ungkap Rezki via seluler, Jumat (19/5/2023).

Wenni Saputri merupakan perempuan kelahiran Desa Langkema, Kabupaten Bombana itu akan berkompetisi di dapil 5 Kabaena mencakup Kecamtan Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara,  Kabaena Tengah danKabaena Timur dengan memperebutkan 5 kursi dewan.

Sementara Wenni Saputri mengatakan, minimnya peran perempuan di parlemen menjadikan hak-haknya kurang diprioritaskan dalam setiap kebijakan. Sehingga tidak jarang perempuan selalu didominasi oleh kaum laki-laki.

Dengan keterwakilan perempuan di pilcaleg kali ini, akan menjadi kekuatan untuk menunjukkan perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga: Ini Alasan Ponpes di Pasuruan Dukung Anies Baswedan di Pilpres

"Makanya saya sangat optimis dengan kompetisi kali ini, selain punya basis yang jelas, saya juga pernah berkompetisi di tahun 2019 dan memperoleh suara di urutan kedua di partai, sehingga belum garis tangan saya mendapatkan kursi kala itu," ujarnya.

Namun di tahun 2024, ia sangat yakin untuk kembali berkompetisi dan bisa merebut satu kursi di dapil yang sama.

"Dengan peluang yang begitu besar, di samping punya pengalaman teman separtai saya, mereka juga akan bekerja keras untuk memperoleh kursi," pungkasnya. (B)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga