Bantuan Hibah Pariwisata Mulai Disalurkan

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 14 Desember 2020
0 dilihat
Bantuan Hibah Pariwisata Mulai Disalurkan
Wali Kota Kendari menyerahkan bantuan hibah pariwisata pada 10 pengelola hotel di Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Ini amanat dari Kementerian Pariwisata untuk mendorong pelaku pariwisata tidak terlalu terdampak oleh adanya COVID-19, harapannya bisa bermanfaat karena diserahkan langsung pada pengelola. "

KENDARI, TELISIK. ID - Dinas Pariwisata Kota Kendari mulai menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 2,9 miliar, pada hotel dan restoran di Kota Kendari.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Wali Kota Kendari, Sulkarnain K dalam peringatan Hari Anti Korupsi Nasional, di salah satu hotel di Kendari, Senin (14/12/2020).

Sebanyak 268 hotel/penginapan  dan restoran/rumah makan akan menerima uang tunai dengan besaran yang bervariasi hingga Rp 400 juta.

Wali Kota Kendari Sulkarnain K berharap, bantuan ini bisa membantu pengelola hotel dan restoran dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Ini amanat dari Kementerian Pariwisata untuk mendorong pelaku pariwisata tidak terlalu terdampak oleh adanya COVID-19, harapannya bisa bermanfaat karena diserahkan langsung pada pengelola," ungkapnya.

Baca juga: Anggaran Pembangunan RS Jiwa Tak Masuk KUA-PPAS Dianggap Penyalahgunaan Wewenang

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kota Kendari, Laode Marfin menjelaskan, dari 268 penerima bantuan tahap pertama diserahkan pada 10 hotel yang sudah melengkapi semua persyaratan, di antaranya Hotel Claro, Plasa Inn, Swisbel dan Hotel Zahra.

"Jumlah ini sudah fix, namun penyerahan bantuan hanya dilakukan pada pelaku usaha yang sudah melengkapi semua persyaratan, kami berharap bisa tuntas sebelum akhir tahun," katanya.

Dia menambahkan, bantuan hibah ini bertujuan untuk membantu Pemda merecovery penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta industri hotel dan restoran yang mengalami gangguan finansial akibat pandemi.

Tahun 2020 Pemkot Kendari mendapat bantuan hibah pariwisata dari Kementerian Pariwisata sebesar Rp 4,2 miliar, 70 persen atau Rp 2,9 miliar akan diporsikan untuk hotel dan restoran sementara 30 persen atau sekira Rp 1,2  miliar akan diporsikan untuk Pemda Kota Kendari. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga