Begini Cara Memasak Ikan Agar Tidak Amis, Patut Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 04 Oktober 2022
0 dilihat
Begini Cara Memasak Ikan Agar Tidak Amis, Patut Dicoba
Masakan berbahan ikan adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro google.com

" Ada baiknya Anda mengetahui cara memasak ikan agar baunya tidak amis. Dengan begitu masakan ikan bisa lezat dan nikmat saat dimakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia adalah masakan berbahan ikan. Berbagai resep pun bisa dicoba untuk menyajikan ikan menjadi masakan lezat.

Dikutip summareconbekasi.com, ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang sehat yang dapat mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung Anda, dan mencegah penyakit kronis.

Menurut National Institutes of Health, ikan mengandung vitamin D yang tinggi, dan dianggap sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk nutrisi penting ini.

Olehnya itu mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan. Maka ada baiknya Anda mengetahui cara memasak ikan agar baunya tidak amis. Dengan begitu masakan ikan bisa lezat dan nikmat saat dimakan.

Melansir sogood.id, berikut beberapa tips untuk mengurangi bau amis pada ikan:

- Cuka

Anda bisa menyeimbangkan cuka putih ke ikan yang telah dicuci bersih, jangan terlalu banyak karena penggunaan cuka yang dapat menghilangkan rasa alami ikan.

- Air lemon atau jeruk nipis

Baca Juga: 7 Cara Benar Konsumsi Madu agar Khasiatnya Maksimal

Cuci ikan sampai bersih. Balurkan air lemon atau jeruk nipis ke ikan yang telah dibersihkan, lalu diamkan.

- Jahe

Ketika Anda memasak ikan baik digoreng ataupun dimasak kuah, sertakan jahe sebagai bagian dari bumbu. Tidak perlu dihaluskan tapi cukup dimemarkan saja.

- Daun dan kulit jeruk

Rebus daun atau kulit jeruk lalu air rebusan tersebut gunakan untuk memasak ikan sebelum digoreng. Untuk ikan yang dimasak dengan kuah santan, masukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam masakan, selain itu menambah rasa tak sedap juga menghilangkan bau amis.

- Apel

Iris tipis-tipis buah apel lalu masukkan ke dalam minyak untuk memasak ikan. Angkat apel tersebut ketika layu. Minyak untuk memasak akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

Setelah Anda mencuci bersih ikan dan bau amisnya sudah berkurang, Anda bisa mengolahnya dengan cara-cara berikut:

- Panggang

Beri bumbu pada kedua sisi ikan dan di dalam (rongga). Lalu letakkan di atas nampan pemanggang. Mengolah ikan di atas bara api kurang baik, karena asap yang ditimbulkan akibat zat beracun tidak dapat diserap oleh tubuh.

Baca Juga: 4 Cara Mengontrol Asupan Gula per Hari, Patut Dicoba

- Rebus

Perebusan menjaga daging ikan tetap lembut. Untuk merebus potongan ikan, lebih baik menggunakan kaldu sayur atau ayam. Gunakan wajan berukuran besar untuk meletakkan beberapa potongan ikan. Tuang kaldu hingga ke seluruh permukaan ikan. Masak selama 10 menit hingga mendidih secara perlahan, jika terdapat banyak gelembung itu berarti apinya terlalu besar.

- Goreng

Campurkan mentega ke dalam minyak goreng agar terasa lebih sedap dan harum aromanya. Setelah panas, tambahkan rempah seperti bawang putih dan jahe, dan Anda bisa memasukkan ikan ke dalam wajan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga