adplus-dvertising

Begini Kronologi Penemuan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil, Disucikan Sesuai Syariat Islam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 09 Juni 2022
1724 dilihat
Begini Kronologi Penemuan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil, Disucikan Sesuai Syariat Islam
Jenazah Eril anak Ridwan Kamil akan disucikan sesuai syariat Islam. Foto: detik.com

" Tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah jasad Ananda Eril "

SWISS, TELISIK.ID - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, akhirnya ditemukan.

Melansir detik.com, kronologi penemuan ini disampaikan oleh Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad, lewat siaran konferensi pers via Zoom, Kamis (9/6/2022).

Kepolisian Bern menyampaikan informasi ke pihak KBRI Bern dan keluarga Ridwan Kamil di Swiss. Tim forensik kepolisian mengidentifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad itu adalah jasad Ananda Eril.


Polisi mengkonfirmasi, berdasar tes DNA jenazah yang ditemukan tersebut adalah jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril putra Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Pukul 13.45 siang waktu Swiss: Polisi Bern merilis keterangan resmi soal penemuan jenazah.

Pihak kepolisian menyampaikan berkas ke pengadilan untuk serah terima jenazah Eril ke keluarga Eril. Siang hari, pihak pengadilan memberikan kewenangan bagi keluarga untuk menerima jenazah Eril.

Baca Juga: Jenazah Eril Akhirnya Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

"Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air," kata Dubes RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad.

Sementara itu dilansir dari CNNIndonesia.com, keluarga Ridwan Kamil berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah menemukan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Keluarga memastikan menindaklanjuti penyerahan jenazah Eril dengan melakukan pemenuhan hak Eril yang wafat sebagai muslim.

Baca Juga: Pencarian Eril Ada Kabar Baik, Ridwan Kamil Cuti dan Bertolak ke Swiss

"Hari ini alhamdulillah, KBRI menyampaikan kabar bahwa upaya pencarian (Eril) bertemu kepada takdir yang diharapkan, pertemuan yang diridhoi Allah," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, Kamis (9/6/2022).

"(Jenazah Eril) akan disucikan dikafani, disalatkan sesuai syariat Islam," sambung Elpi. Dalam kesempatan itu, keluarga berharap jenazah Eril dapat tiba di Tanah Air pada Minggu.

Jenazah anak sulung Ridwan Kamil yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, Emmeril Khan Mumtadz, akhirnya ditemukan pada, Rabu (8/6). Kepastian itu diumumkan pihak kepolisian Swiss. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga