Belajar dari Pemilu 2019, Polres Muna Siapkan Ratusan Personil Amankan TPS

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Belajar dari Pemilu 2019, Polres Muna Siapkan Ratusan Personil Amankan TPS
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menyebut 303 personil disiapkan untuk pengamanan pemilu di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Jelang sembilan hari Pemilu 2024, Kepolisian Resor (Polres) Muna menyiapkan 303 personil gabungan guna mengamankan Pemilu di Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jelang sembilan hari Pemilu 2024, Kepolisian Resor (Polres) Muna menyiapkan 303 personil gabungan guna mengamankan Pemilu di Kabupaten Muna Barat.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, dari masuknya tahapan kampanye hingga minggu tenang sebelum memasuki tahapan pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang, pihaknya telah mempersiapkan personil.

"Personil yang ditugaskan di tiap TPS telah dilatih dan disimulasikan," ujarnya saat ditemui oleh awak media, Senin (5/2/2024).

Baca Juga: Monitoring Badan Ad Hoc, Bawaslu Pastikan Kesiapan Pemilu

Ia menyebut, dilihat dari pengalaman pemilu 2019 lalu, ada beberapa permasalahan yang terjadi di sejumlah TPS utamanya terkait keamanan, sehingga pihaknya telah mensimulasikan cara menghadapi dan menyelesaikan jika terjadi permasalahan.

Kata dia, pihaknya juga saat ini menjalani koordinasi dengan KPU Muna Barat mengenai logistik pemilu, sehingga Polres Muna selalu siap untuk melakukan pengawalan dan memastikan penyaluran perlengkapan logistik dapat berjalan dengan baik, lancar, dan kondusif.

Kemudian pihak Polres Muna juga mendapatkan Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Sulawesi Tenggara sebanyak 50 personil.

Selanjutnya, pihak Polres Muna juga telah memetakkan beberapa wilayah yang dianggap rawan dan kurang rawan berdasarkan karakteristik wilayah, baik di Muna maupun Muna Barat.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Siapkan Empat Unit Speed Distribusi Logistik Pemilu

Untuk wilayah kepulauan di Muna Barat dari 12 wilayah ditingkatkan menjadi daerah rawan dari daerah kurang rawan dikarenakan saat ini masuk musim barat.

Sebelumnya, Komisioner KPU Muna Barat, Samsul mengatakan, dalam menyukseskan Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara teknis tetapi dibutuhkan dukungan dari semua stakeholder untuk bersama menyukseskan Pemilu.

"Dalam hal ini Bawaslu, TNI Polri, pemerintah daerah, maupun masyarakat," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga