Beri Penguatan Tahanan, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Kembali Sambangi Rutan Kendari

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 29 September 2023
0 dilihat
Beri Penguatan Tahanan, Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Kembali Sambangi Rutan Kendari
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba dan Ustadz Abdulraham, makan bersama para tahan. Foto: Ist.

" Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham), Silvester Sili Laba, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas IIA Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham), Silvester Sili Laba, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, melakukan kunjungan ke Rutan Kelas IIA Kendari, Jumat (29/9/2023).

Kunjungan itu bagian dari program unggulan Kakanwil Sulawesi Tenggara, PENAMAS (Pendekatan Humanis Pemasyarakatan), yang mengutamakan pendekatan manusiawi dalam penanganan tahanan.

Kegiatan dimulai dengan sarapan pagi bersama di lapangan Rutan Kendari, menciptakan atmosfer akrab antara petugas dan tahanan. Dalam sambutannya, Kakanwil mengungkapkan kebahagiannya atas kebersamaan itu.

Baca Juga: 15 Pejabat Administrator Berganti, Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara

"Ini kemesraan yang membuat saya luar biasa," ucap Kakanwil.

Pendekatan manusiawi yang diusung oleh program PENAMAS ini, menempatkan hubungan antara petugas dan tahanan pada posisi yang lebih dekat, menciptakan lingkungan yang mendukung perubahan positif.

Kunjungan ini juga menjadi ajang pemberian motivasi bagi para tahanan. Ustadz Abdulrahman, seorang pendakwah terkenal, memberikan ceramah inspiratif. Dalam ceramahnya, dia memberikan penguatan emosional kepada seluruh warga binaan.

"Jangan sia-siakan waktu meskipun kamu sedang menjalankan hukuman. Dan ikhlaslah menerima apapun kondisinya," ujar Abdulrahman.

Sebelumnya Silvester Sili Laba, di dampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, memberikan penguatan tugas dan fungsi jajaran Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan dan Jajaran Pejabat Lapas Kelas IIA Kendari.

Lewat rapat yang dilakukan, Kamis (28/9/2023). Adapun pokok pembahasan sebagai berikut: pertama, berkomitmen dalam Wujudkan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) dan Halinar (penyalahgunaan HP, pungli dan narkotika) di lingkungan Lapas/Rutan.

Baca Juga: KPU Persilakan PSI Ubah Data Kepengurusan ke Kemenkumham dan Sipol

Kakanwil menyampaikan agar seluruh jajaran petugas dalam bekerja selalu melaksanakan Kunci Pemasyarakatan Maju, sesuai dengan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan yakni deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, ditambah dengan back to basics.

Selanjutnya kakanwil mengingatkan kepada jajaran untuk terus menjaga kesehatan, bekerja setulus hati dan memberikan pelayanan yang humanis kepada warga binaan pemasyarakatan, masyarakat dan stakeholder.

Sejalan dengan itu, Kakanwil menegaskan kembali kepada jajaran untuk berhati-hati terhadap narkoba dan jangan ada yang terlibat, karena hal itu akan berdampak sangat buruk bagi pribadi keluarga dan juga Kementerian Hukum dan HAM. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga