Bisnis Center, Wadah untuk Pasarkan Karya Siswa SMK, Bakal Dibuka Tahun Ini

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
0 dilihat
Bisnis Center, Wadah untuk Pasarkan Karya Siswa SMK, Bakal Dibuka Tahun Ini
Kabid SMK Dikbud Sultra saat memantau pembuatan batik tulis di SMKN 4 Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Bisnis center merupakan program untuk memamerkan hasil produksi yang diciptakan oleh siswa-siswi SMK, yang bernilai ekonomis, untuk diperjualbelikan kepada masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Program ini direncakan pada akhir tahun lalu, namun baru akan diterapkan tahun ini. Yaitu program bisnis center yang dirancang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, dikhususkan bagi SMK.

Bisnis center sendiri merupakan program untuk memamerkan hasil produksi atau produk-produk yang diciptakan oleh siswa-siswi SMK, yang bernilai ekonomis, untuk diperjualbelikan kepada masyarakat.

Kabid SMK Dikbud Sultra, La Ode Fasikin mengatakan, bisnis center ini menjadi wadah bagi para siswa SMK, agar hasil karya mereka bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

"Selama ini kan belum ada wadah atau tempatnya untuk memasarkan hasil produksi yang mereka ciptakan. Nantinya program bisnis center ini akan menjadi tempat bagi seluruh SMK yang menghasilkan karya yang bisa diperjualbelikan," ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/2/2022).

Dia mengungkapkan, program ini akan menjadi tempat belajar bagi para siswa-siswi, bagaimana bisa menguasai program keahliannya, sehingga bisa menciptakan karya yang siap pakai.

"Kita harus mempersiapkan alumni-alumni yang siap kerja. Artinya dari segala aspek mereka harus betul-betul sudah matang. Bisnis center ini menjadi tempat bagi mereka untuk bisa menjadi tenaga profesional, dengan menghasilkan karya-karya yang bermutu," jelasnya.

Lanjut dia, bisnis center sendiri rencananya akan ditempatkan di kantor Dikbud Sultra, sambil menunggu tahapan pembangunan galerinya.

Baca Juga: Dapat Rp 69 Juta Per Tahun, Begini Daftar Beasiswa S1 di Singapura 2022

"Kan Dikbud memiliki gedung baru yang akan diisi beberapa bidang yang direlokasi di tempat yang baru. Dan ruangan yang kosong itu, nanti kita akan gunakan sebagai galeri bisnis center, sambil menunggu tahap pembangunan gedung binisi center," ujarnya.

Direncanakan, bisnis center ini akan dibuka paling lambat pertengahan tahun ini.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kendari, Herman, mengaku sangat siap dan mendukung penuh program bisnis center yang dirancang oleh Dikbud Sultra.

"Pastinya sangat senang dengan program yang dirancang oleh Dikbud Sultra, akhirnya ada wadah untuk memasarkan hasil produksi yang kami ciptakan. Tentunya kita sangat-sangat mengikuti program ini, mulai dari siswa, guru, dan juga berbagai produk itu sudah siap 100 persen," katanya.

Terkait produk yang dimiliki, ia menyebutkan, ada beberapa jurusan di SMKN 4 dan semuanya memiliki karya, yaitu Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Desain Komunikasi Visual (DKV), Kriya Tekstil (KT), dan Kriya Kayu (KK).

Baca Juga: UM Kendari Jadi Tuan Rumah Kongres Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia

"Semua karyanya memiliki nilai jual, karena bisa digunakan, seperti tempat penyimpanan air minum dalam kemasan gelas plastik yang terbuat dari kayu, taplak meja, serta sablon, dan beberapa hasil karya lainnya yang sesuai dengan jurusan masing-masing," pungkasnya. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga