BKKBN Sulawesi Tenggara Optimalkan Program Kampung KB Atasi Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 11 Juni 2023
0 dilihat
BKKBN Sulawesi Tenggara Optimalkan Program Kampung KB Atasi Stunting
Suarana kegiatan di Kampung KB Desa Molu Utara, Kabupaten Wakatobi. Foto: Dok. BKKBN Sulawesi Tenggara

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, terus mengambil langkah proaktif dalam mengatasi masalah stunting. Salah satunya dengan mengoptimalkan program Kampung KB sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan stunting "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara, terus mengambil langkah proaktif dalam mengatasi masalah stunting. Salah satunya dengan mengoptimalkan program Kampung KB sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

Kampung KB merupakan salah satu inisiatif BKKBN yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Melalui program ini, BKKBN bekerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk memberikan edukasi, pemenuhan gizi, dan akses layanan kesehatan yang terintegrasi.

Dengan adanya Kampung KB, diharapkan keluarga di Sulawesi Tenggara dapat terlibat aktif dalam menerapkan pola hidup sehat, memberikan perhatian yang optimal terhadap gizi anak, serta meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan stunting. Dalam hal ini, BKKBN akan memberikan pendampingan dan bimbingan kepada setiap Kampung KB untuk menjaga keberlanjutan program tersebut.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Warga Ikut Dapur Sehat Atasi Stunting

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, Kampung KB merupakan program BKKBN yang membantu daerah tertentu, seperti daerah tertinggal sehingga bisa meningkatkan kualitas masyarakat setempat.

BKKBN Sulawesi Tenggara lakukan monitoring pendataan keluarga tahun 2022 di Kota Baubau. Foto: Dok. BKKBN Sulawesi Tenggara

 

Dengan kehadiran kampung KB, kata dia, dapat juga membantu masyarakat setempat untuk mengatasi stunting dengan menjalankan berbagai program, salah satunya adalah dapur sehat atasi stunting (dashat).

“Salah satu program di Kampung KB untuk membantu mengatasi stunting adalah dapur sehat ini. Nah, ini yang kita optimalkan,” katanya, belum lama ini.

Dashat merupakan program yang fokus pada peningkatan gizi anak melalui penyediaan makanan bergizi seimbang. BKKBN Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, masyarakat dan mitra kerja lainnya, untuk mengoptimalkan dapur sehat di setiap wilayah.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Optimalkan Bapak Asuh Anak Stunting Setiap Daerah

Melalui program dashat, BKKBN Sulawesi Tenggara memberikan edukasi tentang pentingnya konsumsi makanan bergizi seimbang, pemberian ASI eksklusif, pemberian makanan pendamping ASI, serta praktik-praktik gizi yang baik.

"Dashat ini menjadi upaya menjaga gizi dan nutrisi bagi balita, ibu hamil, ibu menyusui, sampai perempuan yang hendak menikah. Makanya kita harap warga ikut terlibat dalam dashat ini," ujar Asmar.

Untuk diketahui, dikutip dari bkkbn.go.id, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat kelurahan dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga