adplus-dvertising

BPVP Kendari Jadi Penyelenggara Kompetisi Instruktur Nasional Wilayah Regional Timur

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
397 dilihat
BPVP Kendari Jadi Penyelenggara Kompetisi Instruktur Nasional Wilayah Regional Timur
Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu menjelaskan penyelenggaraan KKIN regional wilayah Timur. Foto: Ibnu Sina Ali Hakim/Telisik

" Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari membuka Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN) untuk wilayah regional Timur "

KENDARI, TELISIK.ID - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari membuka Kompetisi Kompetensi Instruktur Nasional (KKIN) untuk wilayah regional Timur.

Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu menuturkan, KKIN 2022 telah dibagi menjadi 4 regional dan untuk wilayah Timur dilaksanakan di BPVP Kendari yang wilayahnya meliputi seluruh instruktur yang ada di Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Tujuan penyelenggaraan KKIN lanjut Polondu, untuk semakin meningkatkan kompetensi instruktur dalam mentransfer ilmu pada siswa pelatihan.


"Hal ini juga merupakan apresiasi untuk instruktur dari Kemenaker dalam mengikuti perlombaan ini," katanya.

Dua belas kompetensi yang akan dalam kompetisi instruktur Nasional yakni Elektronika, Pengelasan, Instalasi Listrik, Pendingin dan Tata Udara, Otomotif sepeda motor, otomotif kendaraan ringan, desain grafis, kecantikan, pelayanan restoran, solusi perangkat lunak, tata busana, merancang rekayasa mekanik CAD.

Baca Juga: BPK RI Serahkan LHP atas LKPD di Paripurna Istimewa DPRD Sulawesi Tenggara

"Jadi saat ini kita sudah buka pendaftaran, sudah ada beberapa dari Sulawesi Utara dan beberapa balai di wilayah Timur. Kegiatannya berlangsung di Juli," tutur Polondu yang juga Ketua KKIN Regional Wilayah Timur.

Ia juga menambahkan, juara yang telah ada di beberapa wilayah itu nantinya akan di kirim di Kota Padang untuk mengikuti KKIN.

Baca Juga: Sulawesi Tenggara Jadi Tuan Rumah Jambore Selam Nasional XII

"Dewan juri untuk wilayah regional nanti ada dari pusat. Kita di sini hanya menyelenggarakan yang menilai ini kompeten dan tidak kompeten pada aspek teknis dan metodologi," ucapnya.

Polondu berharap, BPVP Kendari bisa mengambil dua kesuksesan yakni suksesnya penyelenggaraan dan para instruktur calon peserta KKIN, semakin meningkat kompetensi untuk menguasai kejuruan yang ditekuni.

"Siapapun yang keluar jadi juara di regional Timur untuk berangkat di Padang kita pasti ikut bangga," pungkasnya (C-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga