Bulan Ramadan, Maling Kotak Amal Masjid Masih Beraksi

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Bulan Ramadan, Maling Kotak Amal Masjid Masih Beraksi
Kondisi kotak amal Masjid Al Ikhlas Desa Maperaha, isinya raib digondol maling, diduga pelaku melancarkan aksinya dimalam hari pada saat masyarakat tidur lelap. Foto: Ist.

" Kasus pencurian uang di dalam kotak amal kembali terjadi di Masjid Al Ikhlas Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kasus pencurian uang di dalam kotak amal kembali terjadi di Masjid Al Ikhlas Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi, Kabupaten Muna Barat, Sabtu (25/3/2023).

Kotak amal tersebut berisi uang yang dikumpulkan jemaah untuk kepentingan masjid. Biasanya, kotak amal tersebut diletakkan di sisi lemari mesjid berdampingan dengan beberapa Al-Qur’an.

Menurut pengurus Masjid Al Ikhlas Desa Maperaha, Biklinton, diduga pelaku melancarkan aksinya di malam hari pada saat masyarakat dalam keadaan terlelap tidur usai melaksanakan salat tarawih.

Pelaku tidak membawa kabur kotak amal yang terbuat dari kayu, pelaku merusak gembok kotak amal dengan perkakas yang ada di samping masjid dan hanya mengambil uangnya.

"Jam berapa aksi pencuriannya, kami juga tidak tahu pasti, cuma ketika mau makan sahur dan ingin melaksanakan salat subuh di masjid, kami baru sadar kotak amal sudah dibongkar,” katanya.

Biklinton menambahkan, kejadian pencurian kotak amal Masjid Al Ikhlas ini sudah berulang kali terjadi. Bahkan kasus yang sama baru saja terjadi beberapa bulan yang lalu.

Baca Juga: Polisi Bakal Jemput Paksa Ketua Gerindra Sulawesi Tenggara Soal Dugaan Penggelapan Dana PT KKP

"Tenyata bukan hanya kotak amal yang dicuri tetapi kios mama kami juga ikut dibobol  pencuri. Dia bawa kabur rokok surya dan sampoerna, harganya sekitar Rp 700.000," ungkapnya kesal.

Pelaku hanya meninggalkan beberapa alat bukti berupa sendal jepit dan kotak amal dengan kertas uang yang berserakan.

"Itu akan menjadi bukti kami untuk melaporkannya di kepolisian," tegasnya.

Sementara salah satu Imam Masjid, La Damo, mengaku kaget karena posisi kotak amal tadi malam setelah melaksanakan salat tarawih itu berada dalam masjid dan di atas kotak amal ada beberapa Al-Qur’an.

"Jam 3 lewat kami hendak ke masjid itu kotak amal sudah tidak ada dalam masjid dan Al-Qur’an sudah dalam keadaan berantakan," ujarnya.

Ia menyayangkan kejadian pencurian kotak amal ini sudah sering terjadi di Masjid Al Ikhlas Desa Maperaha, tetapi tak diketahui dengan jelas siapa pelakunya.

"Berapa jumlah total uang yang dicuri di dalam kotak amal kami belum bisa memastikannya. Namun kami berharap pelakunya cepat ditemukan dan bertobat,” pungkasnya.

Baca Juga: Gadis di Bawah Umur Diduga Dicabuli Tetangga Sendiri

Kasus pencurian ini akan dilaporkan ke pihak kepolisian terdekat dengan menyerahkan bukti berupa sendal jepit yang tertinggal dan kotak amal yang berserakan.

Seorang remaja masjid, Irman berharap pelaku cepat ditangkap dan mengembalikan isi kotak amal serta segara bertobat dengan perbuatannya, apa lagi ini bulan suci Ramadan, bulan yang penuh dengan keberkahan.

"Untuk pengelolaan kotak amal ini kan, selain untuk membantu anak yatim piatu dan bantuan lainnya, juga untuk pembangunan masjid," tuturnya.

Ia juga tidak dapat memastikan berapa total uang yang hilang dari dalam kotak amal. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga