Bupati Muna: Telusuri Kontak Erat Bacakada Positif COVID-19

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 10 September 2020
0 dilihat
Bupati Muna: Telusuri Kontak Erat Bacakada Positif COVID-19
Bupati Muna, LM Rusman Emba menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas untuk melakukan penelusuran terhadap masyarakat yang melakukan kontak erat dengan Bacakada yang positif COVID-19. Foto: Sunaryo/Telisik

" Masyarakat juga harus jujur. Segera periksakan diri pada Puskesmas terdekat. "

MUNA, TELISIK.ID - COVID-19 masih menjadi ancaman bagi nyawa manusia. Di Kabupaten Muna setiap pekan, ada penambahan kasus terkonfirmasi positif. Bahkan, telah menelan nyawa tiga orang.

Saat ini yang menjadi kekhawatiran adalah munculnya klaster baru saat proses deklarasi dan pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) pada 4 September lalu yang melibatkan masyarakat banyak. Apalagi, salah satu Bacakada dinyatakan terpapar.

Nah, agar tidak terjadi penularan secara massal, Bupati Muna, LM Rusman Emba menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas untuk melakukan penelusuran terhadap masyarakat yang melakukan kontak erat.

"Saya sudah instruksikan telusuri kontak eratnya untuk dilakukan rapid test," kata Rusman yang juga Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Muna, Kamis (10/9/2020).

Baca juga: Pasca Deklarasi Paslon, Konsel Masih Aman Dari Klaster Penyebaran COVID-19

Instruksi itu dalam rangka penanganan pencegahan penularan virus. Karenanya, masyarakat juga diminta agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan dengan sabun.

"Masyarakat juga harus jujur. Segera periksakan diri pada Puskesmas terdekat," ujarnya.

Untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19, mantan Senator DPD-RI itu telah mengeluarkan instruksi Nomor 188.55/1387 yang memerintahkan camat, lurah dan kepala desa dengan melibatkan unsur TNI/Polri dan petugas kesehatan agar senantiasa memberikan edukasi pada masyarakat. Kemudian, memantau pergerakan orang luar yang masuk dengan tetap mempertimbangkan tingkat urgensinya. Lalu, melakukan penertiban terhadap kegiatan yang melibatkan banyak orang yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Kadinkes Muna, La Ode Rimba Sua mengaku telah mengumpulkan tenaga surveilans di seluruh kecamatan untuk melakukan tracing terhadap warga.

"Sementara dilakukan penelusuran," singkatnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga