Cara Cas HP Lebih Cepat Penuh, Lakukan Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 24 Oktober 2023
0 dilihat
Cara Cas HP Lebih Cepat Penuh, Lakukan Ini
Jika baterai habis dan ponsel harus segera kembali digunakan, Anda perlu mengisi daya baterai dalam waktu cepat agar baterai kembali penuh. Foto: Repro Shopping.tribunnews.com

" Apabila ponsel kalian memerlukan waktu lama saat mengisi daya agar bisa penuh kembali, berarti ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Smartphone atau HP kini menjadi barang kebutuhan wajib yang harus dimiliki semua orang. Beberapa orang merasa cemas jika tak berada dekat HP-nya atau saat HP-nya kehabisan baterai.

Mengisi baterai juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Apabila ponsel kalian memerlukan waktu lama saat mengisi daya agar bisa penuh kembali, berarti ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Walaupun sebenarnya sudah ada banyak HP dibekali fitur fast charging, namun tidak semua didukung fitur tersebut. Berikut tips mudah mengisi baterai agar cepat penuh dilansir dari Tribunnews.com dan Kompas.com.

1. Gunakan Alat Pengisi Daya yang Berfitur Cepat

Saat ini, ada charger nirkabel yang membuat daya ponsel terisi hanya dengan meletakkannya di atas alat tersebut. Walau terlihat keren, cara ini tidak efisien karena listrik banyak hilang dalam bentuk panas.

Pengisi daya nirkabel butuh waktu dua kali lebih lama untuk mengisi penuh ponsel dibandingkan dengan metode konvensional. Karena itu, lebih baik mengecharge ponsel dengan metode konvensional menggunakan pengisi daya kabel yang dicolokkan ke stop kontak.

2. Nyalakan Mode Pesawat

Selanjutnya kalian bisa menggunakan mode pesawat atau airplane mode. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin sedikit aktivitas yang dilakukan pada HP kalian saat sedang mengisi daya, maka akan semakin cepat pengisiannya.

Baca Juga: 6 Cara Benar Cas HP Agar Baterai Awet

Mengaktifkan mode pesawat membuat HP kalian tidak dapat mencari sinyal maupun menangkapnya sama sekali, sehingga kalian tidak dapat menerima panggilan ataupun pesan. Bahkan kalian juga tidak bisa melakukan panggilan dan browsing internet.

Hal ini tentunya akan mengurangi beban aktivitas HP sehingga lebih maksimal dalam mengisi baterai.

3. Gunakan Mode Hemat Baterai

Mode hemat daya dapat mengurangi waktu pengisian baterai selama beberapa menit. Ini terjadi karena mode tersebut akan membatasi kecerahan layar, fungsi CPU, dan penggunaan data di ponsel.

Oleh karena itu, sebaiknya nyalakan mode hemat daya saat ponsel dicas. Namun, ini akan membuat hp tidak bisa digunakan seperti biasa.

4. Hindari Pengisian Jika HP dalam Kondisi Panas

Ponsel memiliki sistem kontrol yang mengatur suhu dan mencegah mesinnya kepanasan. Menggunakan ponsel di bawah sinar matahari langsung atau ketika pengisian daya membuat ponsel bekerja keras mengurangi panas.

Akibatnya, pengisian daya menjadi lebih lambat. Pastikan ponsel tetap dingin dengan cara menjauhkan dari sinar matahari langsung,

5. Gunakan Charger Original

Smartphone Android saat ini hadir dengan port micro usb. Sekilas, port charger ini bisa digunakan untuk semua perangkat charger. Namun, ternyata tidaklah sama.

Beberapa charger bawaan smartphone memiliki besaran watt yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan power 2,5 watt hingga 4,5 watt.

Bahkan beberapa smartphone modern yang dibekali fitur fast charging memiliki charger dengan power 15 watt. Tak heran smartphone jenis ini bisa mengisi baterai dengan lebih cepat.

Baca Juga: Ini Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Jadi kalian harus memahami betul smartphone dan charger bawaan smartphone. Misalnya, LG G4, smartphone ini support quick charger namun perangkat charger bawaannya tidak. Maka kalian bisa mencari charger lain yang bisa mensupport fast charging pada LG G4.

6. Matikan HP

Jika cara mengecas hp dengan cepat pertama dan kedua di rasa belum efektif, kalian bisa coba mengisi daya dengan kondisi ponsel mati. Saat hp dimatikan, sebagai sistem akan terhenti. Sehingga secara tak langsung daya di hp tidak akan berkurang, bahkan akan bertambah berkat proses pengecasan.

Namun tentu, cara mengisi daya HP dengan cepat ini tidak dianjurkan di situasi tertentu saat denting. Pasalnya, seperti yang kalian tahu saat mematikan ponsel kalian tidak akan bisa menerima panggilan dan pesan dari orang lain yang bisa saja penting.

Jadi, lakukan cara ini dengan bijak dan penuh pertimbangan.

7. Jangan gunakan HP saat melakukan pengisian daya

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh yang terakhir tentunya dengan menghindari untuk terlalu sering menyentuh HP saat pengisian daya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HP sudah menjadi kebutuhan dan digunakan setiap saat.

Karena itulah banyak orang yang tetap menggunakan HP-nya saat pengisian daya. Hal ini karena mengaktifkan layar HP saja dapat menyedot daya baterai cukup besar. Jadi, semakin sering kalian menyentuh smartphone, maka semakin cepat pula baterai akan habis.

Jadi cobalah untuk menghindari untuk memeriksa setiap pemberitahuan yang datang, biarkan ponsel untuk mengisi daya sehingga cara mengisi daya HP agar cepat penuh dapat menunjukkan hasil yang maksimal.  

Ingatlah bahwa pengisian baterai yang sangat cepat terus menerus dapat mempengaruhi umur baterai kalian dalam jangka panjang. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga