Cara Gunakan Kompor Listrik untuk Pemula

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Cara Gunakan Kompor Listrik untuk Pemula
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kompor listrik. Sebaiknya ketahui juga kelebihan dan kekurangan kompor listrik di bandingkan kompor induksi atau gas. Foto: Popmama.com

" Kompor listrik jadi salah satu pilihan memasak di rumah. Namun, masih banyak orang yang mungkin belum familiar dengan cara menggunakan kompor listrik "

KENDARI, TELISIK.ID - Kompor listrik jadi salah satu pilihan memasak di rumah. Namun, masih banyak orang yang mungkin belum familiar dengan cara menggunakan kompor listrik.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kompor listrik. Sebaiknya ketahui juga kelebihan dan kekurangan kompor listrik dibandingkan kompor induksi atau gas.

Dilansir dari Pinhome.id, jenis kompor listrik sangatlah beragam. Ada yang materialnya terbuat dari keramik dan ada yang dari kaca. Ada juga kompor listrik yang proses pemanasnya menggunakan elemen pemanas. Dan kompor induksi yang sistem pemanasnya menggunakan magnet.

Mengutip Kompas.com, berikut cara memakai kompor listrik bagi pemula:

Baca Juga: 9 Cara Cepat Hamil Setelah Menstruasi, Jangan Seks Berlebih

1. Panas tinggi hanya untuk merebus air

Karena kompor listrik membutuhkan waktu lama untuk memanas dan mendingin, panas tinggi pada dasarnya tidak pernah sepadan. Pada saat panci mencapai suhu yang diinginkan, sudah terlambat untuk mencegahnya dari kepanasan.

Bahkan jika Anda menurunkan atau mematikan kompor, sisa panas akan terus memanaskan panci untuk sementara waktu. Bergantung pada kompor dan peralatan masak Anda, ini bisa memakan waktu hingga dua atau tiga menit.

2. Gunakan panci dan wajan dengan dasar tebal

Jangan gunakan panci yang ringan dan tipis pada kompor listrik kecuali jika Anda menginginkannya panas. Secara umum, wajan tipis dan kompor listrik tidak dapat digabungkan. Namun, bahkan panci yang kokoh dan kuat memiliki kelemahan.

Peralatan masak dengan alas ekstra tebal, terutama yang terbuat dari bahan yang sangat bergantung pada panas, seperti besi cor, bisa menjadi terlalu panas secara bertahap saat digunakan untuk waktu yang lama.

Panci yang dipanaskan dengan benar kan memakan waktu lebih lama untuk panas pada kompor listrik daripada kompor gas, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya. Cobalah untuk menahan keinginan untuk menaikkan panas. Sebagai gantinya, berikan waktu pada kompor untuk melakukan tugasnya.

Baca Juga: Cara Hilangkan Noda Kunyit di Peralatan Masak

3. Sesuaikan peralatan masak

Cara pakai kompor listrik yang benar perlu memperhatikan peralatan memasak yang digunakan. Kompor listrik memiliki permukaan yang rata. Untuk menghidupkannya, Pins bisa memakai teknologi touch screen.

Peralatan memasak yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan besi dan stainless steel. Material ini merupakan penghantar kalor terbaik sehingga mudah dipanaskan.

4. Bersihkan sehabis pakai

Cara membersihkan kompor listrik bisa dibilang lebih kompleks dibandingkan cara membersihkan kompor tanam. Permukaan kompor listrik sangat sensitif. Untuk membersihkannya harus ekstra hati-hati memanfaatkan bahan yang tidak mudah menimbulkan goresan ketika menggosok. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga