Catat, Ini Kuota Empat Jalur Pendaftaran PPDB 2022

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
0 dilihat
Catat, Ini Kuota Empat Jalur Pendaftaran PPDB 2022
Proses belajar mengajar di salah satu SMP di Kota Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022, pada 20 Juni mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022, pada 20 Juni mendatang.

Seiring dengan itu, pihak Dikmudora Kendari menetapkan empat jalur pendaftaran yang akan dipilih oleh para calon siswa baru, yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan untuk PPDB tahun ini, masih menerapkan sistem empat jalur karena dirasa paling efektif, untuk para siswa saat mendaftar sekolah.

"Jadi empat jalur itu sebenarnya, untuk lebih memudahkan siswa-siswi mendaftar ke sekolah, terutama siswa yang tidak jauh rumahnya dari sekolah mempunyai peluang besar, masuk ke sekolah yang dekat dari tempat tinggalnya, melalui jalur zonasi," ungkapnya kepada Telisik.id beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, untuk kuota dari masing-masing empat jalur tersebut, yang paling besar itu adalah jalur zonasi yaitu sebesar 70 persen untuk tingkat SMP dan 80 persen untuk tingkat SD.

"Untuk SMP jalur afirmasi itu sebesar 15 persen, prestasi 10 persen dan perpindahan orang tua 5 persen. Sedangkan untuk SD jalur afirmasi sebesar 15 persen, serta perpindahan orang tua sebesar 5 persen. Dan untuk SD, jalur prestasi itu ditiadakan karena masih minim kalau dibuka untuk tingkat prestasi," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Kurikulum dan Penilaian Dikmudora Kendari, Iran menjelaskan bahwa untuk PPDB tahun ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, terutama dari jalur afirmasi.

Baca Juga: Ratusan Pengusaha di Sultra Ikuti Trully Mega Muslim Preneur

"Di tahun lalu, untuk jalur afirmasi itu hanya menerima keluarga kurang mampu saja. Tapi di tahun ini, penerima BLT itu juga bisa menggunakan jalur afirmasi ketika akan mendaftar ke sekolah. Artinya berbagai hal betul-betul kita perhatikan, agar seluruh lapisan masyarakat itu bisa mendapatkan pendidikan yang setara," katanya.

Salah satu masyarakat, Asran mengaku pembagian jalur pendaftaran ini sangat efektif. Sebab anak-anak bisa bersekolah dekat dengan tempat tinggal mereka.

Baca Juga: Menelisik Kawasan P2ID Sulawesi Tenggara Aset Daerah Hancur Tak Terurus

"Bagus sistem seperti ini, karena tidak ada lagi yang namanya sekolah favorit yang hanya diisi oleh siswa-siswi berprestasi. Semuanya sama, karena ini dilihat berdasarkan wilayah tempat tinggal, bukan lagi dilihat dari nilai tertinggi. Semoga tahun-tahun ke depan seperti ini saja, kalau misalnya ada lagi perubahan, semoga lebih baik dari ini," ujarnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga