Cek Operasi Pasar Bulog, Presiden Jokowi Blusukan di Surabaya

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
Cek Operasi Pasar Bulog, Presiden Jokowi Blusukan di Surabaya
Presiden Jokowi blusukan di Pasar Wonokromo Surabaya untuk memantau harga bahan pokok dari hasil operasi pasar yang digelar oleh Bulog. Foto: Ist.

" Presiden Jokowi melakukan blusukan ke Pasar Wonokromo Surabaya untuk mengecek ketersediaan beras di pasaran "

SURABAYA, TELISIK.ID - Presiden Jokowi melakukan blusukan ke Pasar Wonokromo Surabaya untuk mengecek ketersediaan beras di pasaran. Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, kunjungan ke Pasar Wonokromo Surabaya adalah untuk mengecek apakah beras operasi pasar dari Bulog sudah sampai di pasar-pasar dan warung-warung.

"Saya ingin ngecek barang yang namanya beras apakah operasi dari Bulog sudah sampai warung pasar-pasar saya lihat sudah dan harganya baik tadi Rp 44 ribu untuk 5 kg artinya harga di bawah Rp 9 ribu, tadi semua warung kita lihat ada semuanya dan melimpah disini," kata Presiden Jokowi, Sabtu (18/2/2023) malam.

Tak hanya itu, presiden juga mengecek harga bahan pokok lainnya seperti minyak goreng, yang sering mengalami naik turun harga, kemudian bawang merah, dan telur. Presiden berharap harga semua bahan pokok akan kembali stabil.

"Saya lihat stok minyak goreng ada meskipun tidak melimpah tetapi stok ada dan harga masih di angka Rp 14 ribu per liter. Saya lihat juga yang ketiga telor, turun, meskipun hanya Rp 1000 tapi turun, bawang merah juga turun, stabilitas harga seperti ini yang kita inginkan," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sejak 5 hari yang lalu telah dilakukan operasi beras dari Bulog yang bisa diharapkan mampu menstabilkan harga beras. Ia juga mengatakan bahwa secara nasional akan segera memasuki masa panen pada akhir bulan yang produksinya kira-kira mencapai 1 juta ton dan 1,9 juta ton pada Maret 2022.

Baca Juga: Warga Manggarai Serbu Operasi Pasar Minyak Tanah yang Kian Langka

"Kalau stoknya melimpah permintaan tetap artinya harga secara otomatis akan turun," ucapnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, operasi pasar beras murah digelar sembari menunggu masa panen yang akan mulai di akhir bulan Februari ini. Sehingga diharapkan operasi pasar beras murah akan mampu menjadi upaya menstabilkan harga beras di Jawa Timur.

Baca Juga: Operasi Pasar Murah Muna Barat Siapkan Tiga Komoditi Prioritas

"Jawa Timur sebetulnya sudah masuk ke musim panen, seterusnya awal Maret akan memasuki panen raya. InsyaAllah produksinya cukup besar, kita berharap ini akan menjadi penetrasi menuju harga beras kita stabil kembali,” jelasnya.

Diketahui, harga beras di Siskaperbapo per 18 Februari 2023 di wilayah Surabaya tercatat berkisar Rp 8.800 sampai dengan Rp 9.400.  Akan tetapi di beberapa wilayah di Jawa Timur masih ditemukan di atas Harga Eceran Tertinggi atau HET. Begitu pula ada yang di bawah atau juga sesuai HET.

Di Jawa Timur harga beras dengan rata-rata tertinggi di Kabupaten Pamekasan yang mencapai Rp 12.250 dan harga beras rata-rata terendah Rp 8.260 di Kabupaten Situbondo. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga