Dapat Dukungan Amirul Tamim, La Ode Budi Optimis jadi Calon Bupati Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
Dapat Dukungan Amirul Tamim, La Ode Budi Optimis jadi Calon Bupati Buton Selatan
La Ode Budi saat mengembalikan formulir pendaftaran calon Bupati Buton Selatan di DPC PDIP Buton Selatan. Foto: Ist.

" Dukungan dari salah satu tokoh penting di Kepulauan Buton, Amirul Tamim, membuat La Ode Budi semakin serius maju di pemilihan daerah (Pilkada) Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Mendapatkan dukungan dari Amirul Tamim, La Ode Budi optimis maju menjadi Calon Bupati Buton Selatan. Dukungan dari salah satu tokoh penting di Kepulauan Buton tersebut membuat La Ode Budi semakin serius maju di pemilihan daerah (Pilkada) Buton Selatan.

Ia menyatakan, sosok Amirul Tamim cukup aktif dalam memberikan masukan kepada dirinya. Kata dia, menurut Amirul Tamim, sebaiknya yang menjadi Bupati Buton Selatan yang memiliki pengalaman dari luar daerah yang mana diharapkan membawa pikiran baru, cara kerja baru, dan yang mempunyai jaringan ke pemerintah pusat.

Sebab kemajuan sebuah daerah juga ditentukan oleh seberapa baik dukungan dari pemerintah pusat dalam bentuk program ataupun dalam implementasi di lapangan yang berasal dari pemerintah pusat.

La Ode Budi menyebutkan, yang lebih baik didalami ialah kelayakan seseorang menjadi bupati karena ujung dari semua cerita pilkada bukan berasal dari kesuksesan seseorang melainkan kesuksesan masyarakat mendapatkan seseorang pemimpin yang dapat merubah nasib mereka.

"Karena sekarang banyak yang sosialisasi, tidak ada salahnya didalami," katanya saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (6/5/2024).

Budi mengungkapkan, pilkada memang berbeda dengan pemilihan anggota legislatif (pileg) yang mana pada hakekatnya pilkada letak kekuatannya ada pada sosok figur, bukan mengenai jumlah partai yang mengusung kandidat.

Baca Juga: Empat Balon Gubernur Sulawesi Tenggara LA, ASR, Tina Nur Alam dan Bahtiar Bertemu Ketua Umum PKB di Makassar

Budi memberikan perumpamaan sederhana pada statementnya tersebut yakni katakanlah jumlah partai yang mengusung sangat sedikit namun apabila kandidat yang diusung diterima oleh masyarakat, boleh jadi menjadi pemenang pada pemilihan daerah (pilkada).

Begitu pula sebaliknya, sekalipun jumlah partai yang mengusung terbilang banyak, namun kandidat yang diusung kurang mendapatkan dukungan dari masyarakat, boleh jadi peluang menang sangat tipis.

Terkait partai yang berpeluang mendukung dirinya maju pada kontestasi pesta demokrasi lima tahunan tersebut, ia mengatakan bahwa prioritas utamanya adalah PDIP. Namun ada kemungkinan berkoalisi dengan partai lain yang mana mungkin kandidat yang akan dipasangkan dengan dirinya, juga membawa partai.

Perihal berkoalisi dengan partai lain di Pilkada Buton Selatan, La Ode Budi menyatakan, sejauh ini sudah ada pembicaraan namun baru sebatas itu saja. Sebab kata dia, pada sebuah partai yang membuat keputusan bukan hanya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai, ataupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD), melainkan masih melalui proses sebab dibawa sampai pada tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Namun, La Ode Budi menyebutkan, bedasarkan pengalaman dari Partai PDIP hal tersebut (berkoalisi) sangat mungkin terjadi, hanya saja harus diawali dengan penetapan siapa kandidat yang akan mendapatkan posisi 01.

Mengingat jumlah kandidat yang mendaftar untuk mendapatkan posisi tersebut terdata sebanyak lima orang, sehingga kata dia, perlu ditetapkan siapa yang akan mendapatkan posisi tersebut.

Kemudian dilakukan fit and proper test yang mana diperkuat basis kepemimpinan yang dimiliki oleh tiap kandidat. Pada kesempatan tersebut La Ode Budi turut menjelaskan bahwa pada Partai PDIP mempunyai tiga kriteria yaitu.

Pertama, diutamakan kader partai. Kedua, mempunyai basis pemilih yang mana secara latar belakang La Ode Budi lahir di Majapahit, Batuaga, Buton Selatan. Putra Daerah asli Buton Selatan dari ayahanda yang berasal dari Sampolawa dan ibunda yang berasal dari Batauga.

Baca Juga: PDIP Tak Permasalahkan Dua Kader Maju Balon Gubernur Sulawesi Tenggara

Sehingga kata dia, dari latar belakang tersebut menjadi modal yang cukup berarti mengingat pemilih terbanyak di Kabupaten Buton Selatan berasal dari Kecamatan Batauga dan Sampolawa. Kemudian kriteria ketiga yang mempunyai kapasitas membawa daerah untuk maju, bukan hanya sekedar dipilih tapi juga partai harus yakin di tangan para kandidat itu sekiranya dipilih masyarakat, dapat membawa kemajuan bagi daerah Buton Selatan.

Bukan hanya itu saja, rekam jejak prestasi yang meyakinkan dari para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan juga menentukan. Lebih lanjut La Ode Budi turut menyinggung terkait pendanaan pilkada. Kata dia, bagi siapapun yang sudah mantap maju, harus siap terkait hal tersebut.

"Nanti ditentukan oleh situasi lapangan karena akan mengacu juga pada berapa pasangan calon yang akan bertanding pada kontestasi politik tersebut, berapa pintu, dan berhadapan juga dengan harapan masyarakat," tutur La Ode Budi.

Kata dia, tentu harus memiliki kesiapan untuk menghadapi itu semua. Untuk jumlah nominal ia enggan untuk menyebutkan hal tersebut. Bukan tanpa alasan, sebab menurutnya namanya dana, tidak bisa dipastikan dengan tepat jumlah nominal yang harus disiapkan, oleh sebab itu penyebutan nominal dana harus dihindari. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga