Desa Labokolo di Muna Barat Dicanangkan Jadi Desa Sadar Kerukunan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 03 Januari 2024
0 dilihat
Desa Labokolo di Muna Barat Dicanangkan Jadi Desa Sadar Kerukunan
Upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-78 di lingkup Kemenag Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Moderasi beragama di Muna Barat dianggap berhasil. Salah satunya Desa Labokolo, Kecamatan Tiworo Tengah yang dicanangkan sebagai Desa Sadar Kerukunan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Moderasi beragama di Muna Barat dianggap berhasil. Salah satunya Desa Labokolo, Kecamatan Tiworo Tengah yang dicanangkan sebagai Desa Sadar Kerukunan.

Dalam momentum Hari Amal Bakti ke-78 yang dilaksanakan di Lingkup Kemenag Muna Barat, Rabu (3/1/2024), Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, berkat program reguler dan tujuh program prioritas Kemenag dapat dilihat hasilnya yaitu moderasi beragama telah menjadi napas setiap langkah dalam insan beragama.

Kemudian, transformasi digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kemenag dan lembaga pendidikan keagamaan. KUA juga kini telah bertransformasi menjadi semakin lebih baik dalam memberikan pelayanan.

Baca Juga: Warga Muna Barat Ditemukan Tewas Gantung Diri Gunakan Selang Air

Selanjutnya, pesantren-pesantren menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi, cyber university juga telah on the track, dan kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

"Tentu dengan hal ini kita harus selalu mengevaluasi diri kerena tugas kita belum usai," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Muna Barat, Adnan Saufi menilai, moderasi beragama di Muna Barat telah berhasil, yang mana ditandai dengan salah satu desa di Muna Barat yakni desa Labokolo, Kecamatan Tiworo Tengah mampu membangun pemukiman, dimana rumah ibadah dari beberapa agama saling berdampingan misalnya masjid, pura, gereja, dan vihara.

Desa Labokolo juga dicanangkan sebagai Desa Sadar Kerukunan, pasalnya di desa tersebut menjadi miniatur kerukunan beragama.

"Sehingga saya selalu mengarahkan jika mau belajar hidup rukun dan saling menghargai antar umat beragama datang ke Muna Barat," ungkapnya.

Baca Juga: Siap Abdikan Diri, Ini Program Prioritas La Ode Butolo Sebagai Pj Bupati Muna Barat

Hal tersebut selalu disampaikan karena masyarakat di Muna Barat hidup rukun dengan berbagai macam etnis, agama yang berada dalam satu kompleks dan tidak pernah ada konflik.

Untuk itu, Kemenag Muna Barat terus mengawal moderasi beragama dan pihaknya juga terus menjaga situasi aman, agar nantinya masyarakat tidak terprovokasi dan menyebabkan kerukunan di tengah masyarakat tercabik-cabik.

Selain itu, sebagai tugas utama Kemenag juga selalu memberikan imbauan dan motivasi agar masyarakat dapat selalu menjaga kerukunan umat beragama, dengan melalui kerjasama antar berbagai lembagai yakni Pemda Muna Barat, FKUB, dan sebagainya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga