Dinilai Kurang Didukung MP-MBKM UHO Jaring Alumni

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
Dinilai Kurang Didukung MP-MBKM UHO Jaring Alumni
Kegiatan temu alumni MSIB untuk mendukung program MBKM di UHO. Foto: Ist.

" Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang merupakan program dari Kemendikbudristek Indonesia dinilai masih belum dinikmati berbagai mahasiswa di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang merupakan program dari Kemendikbudristek Indonesia dinilai masih belum dinikmati berbagai mahasiswa di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

MBKM sendiri merupakan sebuah skema pembelajaran yang memperbolehkan mahasiswa untuk belajar selama 2 semester di luar kampus dan 1 semester di luar program studi (prodi). Adapun berbagai program yang ditawarkan seperti kampus mengajar, magang merdeka, pertukaran mahasiswa di dalam maupun luar negeri.

Namun berbagai kebermanfaatan dari program MBKM ini masih kurang didukung oleh berbagai pihak di UHO, mulai dari mahasiswanya hingga program studinya.

Baca Juga: Wisuda Mahasiswa UHO Dimanfaatkan Pedagang

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Farhan, mahasiswa Fisika yang mengikuti Studi Independen di Kominfo.

"Awalnya susah konversi SKS-nya di jurusan, soalnya pembelajaran yang saya ambil berbeda dengan jurusan saya," tutur Farhan dalam kegiatan temu alumni MBKM di Brothers Coffe, Kamis (16/2/2023).

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Kemendikbudristek kemudian membentuk Mahasiswa Penggerak Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MP-MBKM) yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada pihak mahasiswa maupun prodi.

"Semoga melalui gerakan MP MBKM ini kebermanfaatan dari program MBKM dapat dirasakan oleh seluruh mahasiswa dan bisa dimengerti oleh program studi," ungkap  koordinator MP-MBKM UHO, Ruhrufain.

Dari berbagai program MBKM yang ditawarkan, salah satu yang menarik adalah program magang dan studi independent bersertifikat (MSIB) yang bertujuan mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja dengan sistem yang lebih baik.

Baca Juga: Ini Tips Muhammad Daffa Rahmatullah Wisudawan Terbaik UHO Kendari

Sebagai proses berkelanjutan dari program MSIB tersebut, pihak MP MBKM megumpulkan alumni MBKM terkhusus yang alumni MSIB untuk bersama menjadi mentor dan membantu mensosialisasikan program dari MBKM ini. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Koordinator alumni MSIB untuk MP-MBKM, Amarullah.

"Semoga dengan diadakannya temu alumni ini kita bisa menjaring alumni untuk kemudian menjadi mentor yang memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa calon peserta MBKM ataupun prodi," tutur Amarullah. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga