Dipimpin Milenial, Pelni Kendari Wujudkan Transformasi Layanan

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 04 September 2021
0 dilihat
Dipimpin Milenial, Pelni Kendari Wujudkan Transformasi Layanan
Agustinus (kanan) bersama tim saat melakukan pemeriksaan tiket di pelabuhan Bungkutoko Kendari. Foto: Ist.

" Sejak menjabat di Kendari, pria bernama lengkap Agustus Prima Wicaksono itu sudah memberikan contoh langsung kepada jajaran stafnya bagaimana melayani penumpang dengan maksimal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak Februari 2021, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah dipimpin oleh Agustunus, pria berusia 35 tahun.

Posisi Agustinus sebagai Head of Branch atau Kepala Cabang Pelni diberikan Manajeman Kantor Pusat PT Pelni sebagai bentuk apresiasi kepada generasi milenial untuk berkontribusi meningkatkan kinerja perusahaan dan mengimplementasikan transformasi Pelni.

Sejak menjabat di Kendari, pria bernama lengkap Agustus Prima Wicaksono itu sudah memberikan contoh langsung kepada jajaran stafnya bagaimana melayani penumpang dengan maksimal.

 

Agustinus saat briefing dengan tim di kantor Pelni Kendari. Foto: Ist.

 

"Saya memposisikan sebagai penumpang, sehingga saya tahu apa-apa saja yang dibutuhkan penumpang dari Pelni Kendari," kata Agustinus.

Ketika Telisik datang ke Kantor Pelni Kendari, terlihat jelas kinerja PT Pelni Kendari terjadi perubahan yang signifikan, tampak dari infrastruktur kantor cabang PT Pelni Kendari.

Baca juga: Jelang Milad ke-20 Tahun, UMK Gelar Vaksinasi Massal

"Saya menerapkan kepada para pegawai Pelni Kendari berlandaskan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif)," terang Agustinus.

Sebagaimana diketahui, Menteri BUMN Erick Tohir telah meminta kepada semua direksi dan pegawai BUMN untuk menerapkan AKHLAK sejak 1 tahun yang lalu. Bahkan beberapa waktu lalu Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan "Generasi Muda harus diberikan kesempatan, bukan hanya sebagai eksekutor, tetapi sebagai pemikir dan pemimpin".

 

Agustinus (kiri) saat menjelaskan syarat perjalanan kepada calon penumpang. Foto: Ist.

 

Beberapa hal Transformasi Layanan yang ada yakni penambahan beberapa fasilitas untuk penumpang di Kantor Pelni Kendari  di antaranya :

a. Tarif tiket kapal penumpang dipasang di papan luar

b. Jadwal kapal dipasang di papan besar

c. Air mineral di loket penjualan tiket

d. Permen di loket penjualan tiket

e. Parkiran motor ditata

f. Papan contact center pelni 162 (Whatsapp 081-1621-162)

g. Pengumuman Syarat Perjalanan

Para calon penumpang juga dapat menghubungi Call Center Pelni 162 yang beroperasi selama 7 x 24 jam.

Baca juga: Wali Kota Kendari Serahkan Raperda KUA PPAS APBD Tahun 2022 dan Tetapkan APBD P tahun 2021

"Call center kami siap melayani kebutuhan seluruh pengguna jasa kapal Pelni dan dapat dihubungi 24 jam," ungkap Agustinus.

Agustinus juga menyampaikan bahwa kehadiran Call Center Pelni 162 ini sejalan juga dengan kondisi pandemi saat ini, sehingga dapat mengurai penumpukan antrean penumpang yang akan membeli tiket di loket penjualan.

"Call center kami dapat menjadi salah satu solusi ketika calon penumpang hendak membeli tiket, tidak perlu harus datang ke loket di kantor cabang. Cukup mudah dan praktis, hanya telepon 021-162 atau Whatsapp 081-1621-162 untuk tanya jadwal kapal dan tarif sehingga calon penumpang bisa santai di rumah sambil nonton TV atau berkumpul dengan keluarga, tidak perlu keluar rumah," ungkapnya.

"Prinsip saya itu saya harus mengetahui pelanggan kebutuhannya apa dan untuk mengetahui hal tersebut saya harus memposisikan diri sebagai pelanggan sehingga pelanggan itu puas dan senang dengan pelayanan Pelni Kendari," jelasnya.

Petugas loket Pelni Kendari mengakui langsung diberikan contoh melayani pelanggan oleh pimpinan.

"Pak Agustinus sering diskusi dan membahas bersama dengan petugas loket bagaimana cara melayani pelanggan mulai dari informasi jadwal kapal, tiket sampai dengan syarat perjalanan, bahkan beliau mengajari kami cara memeriksa seseorang apakah sudah vaksin atau belum di Peduli Lindungi," ungkap Susi, petugas loket Pelni Kendari.

Sebelumnya, Agustinus dipercaya sebagai Manager di Biro Hukum Kantor Pusat. Jabatan tersebut diemban sejak tahun 2015 sampai dengan awal Februari 2021. Alumni Universitas Brawijaya Malang ini sejak awal fokus meningkatkan pelayanan di Kantor Cabang Kendari.

Menurutnya, pelayanan yang baik dan cepat dalam memberikan kebutuhan pelanggan, akan membuat pelanggan bertahan menggunakan produk itu. Kepuasan itu akan disampaikannya ke pihak lain, sehingga akan semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa Pelni. (B-Adv)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga