DPRD Sulawesi Tenggara Pastikan Anggaran Jalan Provinsi Capai Rp 390 miliar

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
0 dilihat
DPRD Sulawesi Tenggara Pastikan Anggaran Jalan Provinsi Capai Rp 390 miliar
Tim pakar dan tenaga ahli DPRD pastikan anggaran infrastruktur jalan di Sulawesi Tenggara capai Rp 390 miliar. Foto: Kardin/Telisik

" Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan keberhasilan pembangunan suatu wilayah termasuk Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan keberhasilan pembangunan suatu wilayah termasuk Sulawesi Tenggara. Infrastruktur merupakan fundamental terkait dengan perekonomian masyarakat.

Pembangunan infrastruktur jalan dalam tiga tahun terakhir menjadi tuntutan tersendiri di masyarakat, karena perannya sebagai penggerak sektor perekonomian yang mampu menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait, pada akhirnya akan menciptakan lapangan usaha baru dan memberikan output hasil produksi sebagai input bagi kepentingan daerah.

Di samping itu, selain berperan sebagai pendorong berkembangnya sektor-sektor perekonomian, infrastruktur jalan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan investasi daerah.

Terkait dengan tuntutan di berbagai elemen masyarakat, maka DPRD Sulawesi Tenggara melalui tim kelompok pakar dan tenaga ahli fraksi-fraksi memberikan penjelasan terhadap infrastruktur jalan antar kabupaten atau biasa disebut jalan provinsi.

Dahris Djuddawie menerangkan, dalam politik anggaran, DPRD Sulawesi Tenggara telah berkomitmen menganggarkan pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp 200 miliar, minimal setiap tahun terhitung dari Tahun 2020-2024, namun nilai ini terpulang kepada pihak eksekutif dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga sebagai pelaksana teknis.

Baca Juga: KPU Kendari Bahas Pembentukan Sekretariat PPK dan PPS Bersama Pemkot

Perlu diketahui, porsi anggaran dari tahun ke tahun tentu ada skala prioritas, disarankan kepada instansi teknis untuk segera menyelesaikan skala prioritas.

"Terutama Jalan Landono Kabupaten Konawe Selatan dan Jalan Waode Buri Kabupaten Buton Utara agar tidak menjadi polemik yang berkepanjangan di masyarakat," beber Dahris Djuddawie, Rabu (23/11/2022).

Senada, tim pakar lainnya LM Taslim Suri menerangkan, dalam APBD 2022 pihak DPRD dan pemerintah, dalam hal ini gubernur telah menyepakati pembangunan infrastruktur jalan dianggarkan sebesar Rp Rp 518.068.723.872, namun untuk pembangunan jalan dan jembatan menjadi Rp 374.961.015.536. Setelah APBD perubahan, nilai tersebut bertambah sebesar Rp 15.376.184.868, sehingga berjumlah total peruntukan infrastruktur jalan dan jembatan menjadi Rp 390.337.200.404.

Realisasinya kembali kepada pihak eksekutif, dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga sebagai pelaksana teknis.

"Disarankan kepada instansi teknis segera menyelesaikan skala prioritas, terutama jalan poros Landono Kabupaten Konawe Selatan dan Jalan Waode Buri Kabupaten Buton Utara," tekannya.

Sementara itu, Saninu Kasim menekankan, DPRD Sulawesi Tenggara selalu konsisten terhadap pembangunan infrastruktur jalan.

Baca Juga: Upaya Pemulihan Ekonomi Berkesinambungan Era 2045 Melalui E-Fest Expo

Pada 2022, anggaran pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan mulai perencanaan telah dianggarkan sebesar Rp Rp 518.068.723.872, kemudian menjadi Rp 374.961.015.536. Lalu ditambah Rp 15.376.184.868 di APBD perubahan.

Tentu kata dia, nilai tersebut belum cukup untuk memenuhi tuntan masyarakat, karena ruas jalan provinsi sangatlah pajang yang tersebar di 17 kabupaten/kota, namun jika soal skala prioritas tentu semua diprioritaskan. Realisasinya kembali kepada pihak eksekutif dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga sebagai pelaksana teknis.

"Saya juga menyarankan kepada instansi teknis untuk segera menyelesaikan skala prioritas terutama jalan poros Landono Kabupaten Konawe Selatan dan Jalan Waode Buri Kabupaten Buton Utara agar tidak menjadi polemik yang berkepanjangan di masyarakat," cetusnya.

Untuk di Tahun 2023, DPRD Sulawesi Tenggara juga telah menyiapkan anggaran infrastruktur jalan yang diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. (A-Adv)

Penulis: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga