Edukasi UMKM Buton Selatan, Dispar Sulawesi Tenggara Beri Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Kuliner

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Kamis, 10 Agustus 2023
0 dilihat
Edukasi UMKM Buton Selatan, Dispar Sulawesi Tenggara Beri Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Kuliner
Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara bersama dengan UMKM Buton Selatan dalam kegiatan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian Juliner di Aula Hotel Al Safitri. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor kuliner, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara menggelar program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan yang fokus pada peningkatan inovasi dan higienitas dalam bisnis kuliner "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor kuliner, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara menggelar program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan yang fokus pada peningkatan inovasi dan higienitas dalam bisnis kuliner.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di beberapa daerah di Sulawesi Tenggara, termasuk Buton Selatan. Peningkatan inovasi diharapkan dapat membantu para pelaku usaha menciptakan produk kuliner yang unik dan menarik, sehingga dapat menarik minat wisatawan dan masyarakat lokal.

Kegiatan pelatihan tersebut tertuju pada daerah-daerah yang potensial untuk mendapatkan bimbingan dalam peningkatan SDM pariwisata, dan untuk tahun 2023 berfokus pada kuliner.

Baca Juga: Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Buton Selatan Meningkat

“Aspek higienitas juga menjadi fokus utama dalam pelatihan ini. Dengan menjaga standar kebersihan dan kualitas produk, diharapkan UMKM di Buton Selatan dapat membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk kuliner yang dihasilkan,” jelas panitia penyelenggara kegiatan, Umi, Kamis (10/8/2023).

Program pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi lokal. Inovasi dan higienitas adalah kunci dalam menarik minat wisatawan dan membangun daya saing produk kuliner.

masyarakat Kelurahan Lakambau, Rahmi yang juga berprofesi sebagai pedagang nasi kuning mengaku, terbantu dengan adanya pelatihan yang diberikan.

“Merasa terbantu dalam hal pengetahuan, karena kita diajarkan langsung dalam beberapa hari ini, tentang bagaimana mengolah produk kuliner supaya lebih kreatif lagi, dari segi kebersihan produk kuliner juga kita diajarkan langsung, tidak hanya sekedar teori,” ucap Rahmi.

Baca Juga: Pembakaran Lahan Timbulkan Asap Tebal di Jalan Poros Baubau-Buton Selatan, Jarak Pandang Pengendara Terganggu

Diharapkan program pelatihan itu dapat menjadi langkah awal yang sukses dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Buton Selatan, serta materi dan ilmu yang telah diberikan dapat terimplementasi dengan baik dalam pengingkatan mutu dan higienitas kuliner.

Dengan dukungan yang terus-menerus dari pemerintah dan instansi terkait, diharapkan sektor kuliner di Buton Selatan dapat semakin berkembang dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat setempat.

Program pelatihan yang digelar di Aula Hotel Al Safitri telah berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada 8-10 Agustus 2023. Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait sumber daya manusia (SDM) pariwisata dalam hal peningkatan kreativitas serta inovasi kuliner khas daerah.

(A-Adv)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga